Berita Terkini

Pesan Damai dalam UNS Bersholawat

By 26 March 2019 No Comments
UNS – Masih dalam rangkaian peringatan Dies Natalis UNS ke-43, UNS Bersholawat kembali digelar di Halaman Gedung dr. Prakoso UNS pada Senin (25/3/2019). Kali ini, UNS Bersholawat menghadirkan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf beserta tim dan didukung oleh beberapa pihak seperti Takmir Masjid Nurul Huda, UKM Ilmu Quran, JN-UKMI, dan UKM Seni Religi. Sebelum itu, UNS Bersholawat diawali dengan penampilan dari UKM Seni Religi dan juga khotmil quran yang dipimpin oleh Prof. Ravik Karsidi selaku Rektor UNS.
“Khusus untuk mempersiapkan khotmil Quran, kami telah memulai sejak kemarin. Jadi ada 43 kelompok yang mana 1 kelompok terdiri dari 30 orang, masing-masing orang membaca 1 juz. Angka 43 kelompok ini diambil karena UNS telah mencapai usia ke-43. Sehingga pada momentum ini, di UNS sudah dilakukan khotmil Quran sebanyak 43 kali. Alhamdulillah semoga berkah,” ujar Prof. Ravik Karsidi, Rektor UNS dalam sambutannya.
Acara ini turut dihadiri oleh staf ahli Kemenristekdikti, yakni Dr. Hari Purwanto, yang datang mewakili Menristekdikti, Mohamad Nasir. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan ucapan selamat dari Menristekdikti sekaligus harapan dan pesan-pesan untuk UNS.
Banyak prestasi dan kemajuan yang ditunjukkan UNS. Menristekdikti menghaturkan Selamat Ulang Tahun ke-43 untuk UNS, kampus yang dibanggakan tidak hanya di Surakarta tetapi di Indonesia. Kampus yang juga merupakan benteng pancasila dan menuju berkelas dunia.
“Semoga dengan adanya Khotmil Quran dan UNS Bersholawat ini, kita akan mendapatkan kemudahan dan keberkahan dari Allah Swt dalam mewujudkan harapan-harapan kita untuk memajukan keluarga kita, UNS yang kita cintai ini, juga negara Indonesia. Yakni membangun UNS menjadi kebanggaan kita, tidak hanya Indonesia tapi dunia. Hanya dengan upaya cerdas dan doa yang khusyu, kita akan diberikan kemudahan oleh Allah Swt, ” ungkap Dr. Hari Purwanto.
Suasana semakin meriah ketika Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf hadir dan mulai menyapa para hadirin. Ia pun menyampaikan ucapan selamat dan pesan perdamaian dalam mengikuti proses demokrasi di Indonesia tahun ini.
“Saya ucapkan Selamat Milad untuk UNS. Semoga mahasiswa yang berkuliah di sini sukses dan mendapatkan keberkahan. Terima kasih kepada Pak Ravik yang telah membimbing para mahasiswa untuk tetap dekat dengan Allah. Saya juga berpesan, sebentar lagi kita akan mengikuti proses demokrasi. Biarkan seseorang memilih sesuai keinginannya, dengan demikian akan tercipta perdamaian,” ucap Habib.
Sejak tahun 2012, UNS memberikan kesempatan kepada para penghafal Al-Quran, hafidz hafidzah, untuk mendapatkan poin tambahan dalam proses pendaftaran di UNS. Hingga saat ini, di UNS sudah terdapat 233 mahasiswa penghafal Quran. Jumlah ini akan bertambah dengan adanya mahasiswa baru angkatan 2019.  Selain itu, sejak bulan Ramadan tahun 2018, di UNS telah digelorakan gerakan membaca kitab suci semua agama setiap hari. Targetan untuk muslim yakni satu juz satu minggu. Humas UNS/Kaffa

Leave a Reply