Search
Close this search box.

Plt. Rektor UNS Berikan Motivasi kepada Wisudawan

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar prosesi wisuda. Wisuda Periode 3 Tahun 2024 digelar di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (23/3/2024). Pada periode ini, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mewisuda 580 wisudawan yang terdiri dari 18 wisudawan Program Doktor, 106 wisudawan Program Magister, 7 wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis, 407 wisudawan Program Sarjana, 10 wisudawan Program Diploma IV, dan 32 wisudawan Program Diploma III.

Dalam sambutannya, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. memotivasi para wisudawan untuk mewujudkan mimpi mereka. Dr. Chatarina lantas mengingatkan bahwa  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta predikat cumlaude tidak menjadi penentu utama kesuksesan, melainkan karakter yang dimiliki oleh para wisudawan.

“Wujudkanlah mimpi-mimpi indah yang Saudara miliki ketika awal duduk di bangku kuliah. Namun nilai IPK tinggi yang diraih termasuk gelar akademik dan predikat cumlaude sebagai ukuran kecerdasan intelektual yang dimiliki bukanlah jaminan bahwa pasti menjadi sukses. Kesuksesan Saudara juga akan ditentukan bagaimana kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial yang membentuk karakter terbaik pada diri Saudaralah, yang akan menjadi jalan menuju kesuksesan yaitu bermanfaat bagi sesama dan negara,” pesan Dr. Chatarina.

Dr. Chatarina juga berpesan agar para wisudawan menjadi sosok intelektual bagi bangsa dan negara demi terwujudnya cita-cita Indonesia Emas tahun 2045.

“Jadilah manusia tangguh dengan tidak mudah menyerah dan selalu menjadi pembelajar karena Bangsa ini sedang menunggu hadirnya sosok intelektual muda tangguh yang tidak biasa dalam bekerjanya,” imbuhnya.

Dr. Chatarina lantas mengingatkan para wisudawan untuk berterima kasih kepada setiap pihak, terutama kepada orang tua yang telah membantu dan mendoakan sehingga para wisudawan dapat lulus dan diwisuda hari ini.

“Berterima kasihlah kepada orang tua, keluarga, dan semua pihak-pihak lain termasuk para dosen dan tenaga kependidikan yang telah membantu dan mendoakan sehingga bisa lulus dan diwisuda hari ini. Khususnya kepada orang tua tidaklah hanya sekadar kata-kata tetapi juga dengan tetap membalas kasih sayang mereka dengan kerja keras, perhatian, dan doa. Buatlah mereka bangga atas diri Saudara. Yakinlah kebanggaan kepada Saudara dan doa-doa dari orang tua dan keluargalah yang akan menerangi dan menguatkan Saudara dalam menghadapi tantangan menuju kesuksesan di masa depan,” Pesannya.

Sementara itu, dalam laporannya, mewakili Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc,. Ph.D. selaku Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, menyebut, dari 580 wisudawan, terdapat 191 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Prof. Irwan juga menyebutkan para wisudawan dengan capaian luar biasa, diantaranya Ernawati Sri Sunarsih yang menjadi wisudawan tercepat Program Doktor dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Teknik Sipil dengan lama studi 3 tahun 4 bulan. Sedangkan wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Apri Pendri dari Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia dengan usia 28 tahun 10 bulan.

Wisudawan tercepat Program Magister diraih oleh Muhammad Fahrezi Al Ghifari dari Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan lama studi 1 tahun 5 bulan. Wisudawan termuda Program Magister diraih oleh Dwi Wulandari dari Prodi S2 Akuntansi dengan usia 22 tahun 11 bulan.

Wisudawan tercepat Program Sarjana diraih Raychana Robbi Rodhiyah dengan lama studi 3 tahun 4 bulan. Wisudawan termuda Program Sarjana diraih Nada citra Yuliana dengan usia 20 tahun 8 bulan. Keduanya merupakan wisudawan dari Prodi Psikologi.

Wisudawan tercepat dan termuda Program Diploma IV diraih oleh Berlyana Sekar Pangastuti dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil dengan lama studi 4 tahun 3 bulan dan lulus pada usia 22 tahun 10 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma III diraih oleh Dewi Sita Imaniar dengan lama studi 2 tahun 10 bulan. Kemudian wisudawan termuda Program Diploma III diraih oleh Risma Nurul Khotimah dengan usia 21 tahun. Keduanya merupakan wisudawan dari Prodi Manajemen Administrasi. Humas UNS

Reporter: Adisti Daniella

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content