Prodi D3 Teknik Informatika SV UNS Berhasil Gelar Konferensi Internasional APICS 2022

Prodi D3 Teknik Informatika SV UNS Berhasil Gelar Konferensi Internasional APICS 2022

UNS — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sekolah Vokasi (SV) UNS, dan Program Studi D3 Teknik Informatika SV UNS bekerja sama dengan IEEE Indonesia Section menggelar konferensi internasional bertajuk APICS 2022 The 1st International Conference on Smart Technology, Applied Informatics, and Engineering dengan tema “Driving Digital Transformations Toward Society 5.0 through Smart Technology and Artificial Intelligence” secara hybrid di Kampus SV UNS pada Selasa-Rabu (23-24/8/2022). APICS pertama ini juga menjadi titik awal untuk konferensi berikutnya agar dapat mengimbangi dan up-to-date dengan perubahan yang cepat dalam teknologi dan masyarakat.

Ketua Panitia, Hartatik, M.Si. mengatakan bahwa pelaksanaan program International Conference ini terselenggara atas kolaborasi 3 Grup Riset di Prodi D3 TI SV UNS yaitu Applied data Science &AI, Applied Informatics, and Immersive Technology. APICS 2022 berperan sebagai wadah ajang berkumpulnya para akademisi, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan penggemar teknologi untuk mendiskusikan temuan penelitian, ide bagi perkembangan Teknologi Informasi di era Society 5.0.

Dalam sambutannya, Ketua panitia APICS 2022, Hartatik, M.Si. menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan konferensi yang pertama kali ini tidak hanya dihadiri dari kampus dalam negeri tetapi juga kampus dari luar negeri.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen panitia, partner dan peserta dalam kegiatan APICS ini,” tutur Hartatik.

Konferensi Internasional ini juga dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ahmad Yunus, M.S. Beliau menyampaikan pentingnya inovasi, kolaborasi dan pengembangan tanpa batas pada hasil-hasil karya produk teknologi informasi sehingga mampu memberikan manfaat secara nyata kepada rakyat Indonesia.

Konferensi Internasional ini menghadirkan empat pembicara utama, yaitu Heri Prasetyo, S.Kom., M.Sc.Eng., Ph.D. dari FMIPA UNS; Assoc. Prof. Nik Thompson dari Discipline of Business Information System School of Management and Marketing Curtin University, Australia; Assoc. Prof. Naoki Fukuta dari College of Informatics, Academic Institute Shizuoka University, Japan; Kemudian pembicara yang terakhir adalah Assoc. Prof. Wei-Cheng Wang dari Research Center for Information Technology Innovation, National Cheng Kung University, Taiwan.

Pada pembukaan hari pertama, Dekan SV UNS, Santoso Tri Hananto, M.Si., Ak., menegaskan bahwa kegiatan APICS ini menjadi konferensi Information Technology yang pertama di SV UNS, dengan lima tema Jurnal yakni : Big Data Analytics, Smart Technology, Immersive Technology, Information Systems dan General Topics for Engineers (Math, Science & Engineering).

“Dalam konferensi ini dapat dilakukan dengan bertukar ide, pengetahuan dan inovasi dalam perkembangan teknologi terutama bagi sektor pendidikan, pemerintah dan industri,” tegasnya. Humas UNS

Reporter: Adisti Daniella
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content