UNS — Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Kunjungan dalam rangka studi banding tersebut berlangsung di Ruang Seminar FISIP UNS, Senin (11/10/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FISIP UNS, Prahastiwi Utari, Ph.D. tersebut bertujuan untuk berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman serta potensi kerja sama di antara dua institusi.

Dalam studi banding tersebut, turut hadir pula Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan dan Logistik FISIP UNS, Dr. Ahmad Zuber; Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati; Kaprodi Ilmu Komunikasi UNS, Sri Hastjarjo, P.hD.; Kaprodi S-2 Ilmu Komunikasi UNS, Dr. Andre  Novie Rahmanto serta sejumlah staf pengajar Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Sementara hadir dari pihak Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel yakni Pardianto, M.Si., Dr. Ali Nurdin, Abu Amar Bustimi, M.Si., Ariza Qurrata A’yun, M.Ed.Kom., Afifatur Rohimah, M.Ikom., Romdhon, M.Pd., dan Ahmad Roziqin, S.Pd.I.

Prahastiwi Utari, Ph.D. dalam kesempatan tersebut menyambut baik kunjungan studi banding terkait dalam rangka mempererat silaturahmi dan potensi kerja sama di antara dua institusi. Sebagai institusi yang sama-sama memiliki basis kajian komunikasi, Ia berharap dapat saling berkolaborasi untuk kemajuan bersama.

Senada dengan yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FISIP UNS, Pardianto, M.Si. selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi FDK UIN Sunan Ampel Surabaya ini memandang pentingnya sinergisitas antarperguruan tinggi dalam rangka kemajuan bersama.

“Dengan kunjungan studi banding ini, kami saling sharing informasi dan pengalaman. Kami belajar banyak hal dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS sebagai Prodi yang berpengalaman dan maju,” jelasnya.

Sementara, Sri Hastjarjo, P.hD. dalam pemaparannya menjelaskan tentang profil Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, mulai dari sejarah pendirian, pimpinan, staf pengajar, kurikulum, proses belajar mengajar, fasilitas, hingga keunggulan dan prestasi institusi. Pihaknya menyambut baik kunjungan studi banding ini sehingga dapat memperluas jaringan silaturahmi dan kerja sama antarperguruan tinggi penyelenggara ilmu komunikasi.

Beberapa potensi program kerja sama yang bisa dijalankan diantara dua institusi, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS dan FDK UIN Sunan Ampel Surabaya antara lain program pertukaran mahasiswa, join class, pertukaran artikel bahan jurnal/prosiding, kolaborasi penerbitan buku atau book chapter dan laboratorium partner.

“Di kami (Ilmu Komunikasi FISIP UNS), selain skripsi juga ada semacam tugas akhir atau TA. Jadi mahasiswa boleh memilih skripsi atau TA. TA menyesuaikan dengan spesialisasi yang dipilih mahasiswa tersebut saat perkuliahannya yakni jurnalistik, periklanan, humas/public relations, radio dan video/TV,” imbuh doktor alumnus The University of Newcastle, Australia ini. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Gandeng CV. Bina Cipta Abadi, FIB UNS Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

UNS --- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan...

Adakan FGD, Fakultas Teknik UNS Siapkan Pembukaan Kelas Internasional di Dua Prodi

UNS --- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap membuka kelas...

Kajian Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS, Habib Novel Alaydrus Sampaikan Ceramah Tentang Keberkahan Hidup

UNS --- Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh Habib Novel Alaydrus memberikan ceramah...

RG Indigenous Psychology UNS Bagikan Strategi Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Melalui SALAM SMART

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)...

UNS Raih Poin Tertinggi Pencapaian IKU di Tahun 2020/2021

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja...

Upaya Mengembangkan Potensi Desa, BEM FP UNS Tandatangani Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Desa Ngunut

UNS --- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Buat Poster tentang Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus di Ajang Aection 3.0

UNS --- Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa...

Bagikan Tips Obat Pegel Linu, Grup Riset Filologi Sastra Daerah UNS Kunjungi Warga Pajang Surakarta

UNS --- Minuman tradisional Jawa dengan sejuta khasiat sejatinya sudah sering ditemui sejak jaman...

Kuliah Umum UNS Bersama BPK Bahas Globalisasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertajuk Globalisasi dalam...

Ulas Bahasa dan Penerjemahan di Era Digital, Prodi S-2 Linguistik UNS Menggelar Seminar Internasional SEMIOTICS

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelaas Maret (UNS)...