Search
Close this search box.

Prodi S3 Ilmu Lingkungan UNS Gelar Kuliah Pakar Pengembangan Mikroalga

UNS— Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Pakar dengan tema Pengembangan Mikroalga untuk Pengolahan Limbah Cair, Pegurangan Emisi CO2 dan Penghasil Energi Ramah Lingkungan. Kuliah pakar ini diikuti oleh mahasiswa aktif, alumni serta dosen Prodi S3 Ilmu lngkungan dengan mengambil lokasi di UNS Inn, Selasa (22/5/2024).  Kuliah pakar ini juga diselenggarakan secara hybrid, sehingga dapat diakses oleh para alumni dari manapun juga.

Kepala Prodi S3 Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana UNS, Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc. mengatakan, kuliah pakar ini, Prodi S3 Ilmu Lingkungan menghadirkan Prof Dr. Eng. Ir. Arief Budiman, M.S., IPU  dari  Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Mikroalga dan Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai pembicara.

Kegiatan Kuliah Pakar dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Sekolah Pascasarjana UNS, Prof. Dr. sc. agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt. ,M.P., IPM, ASEAN Eng. Kuliah pakar ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan Prodi S3 Ilmu lingkungan sekaligus untuk melakukan monitoring intensif terhadap mahasiswa agar dapat menyelesaikan perkuliahannya dengan tepat.

Tujuan Kuliah Pakar ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan  mahasiswa  bagaimana mikroalga dapat digunakan untuk mengolah limbah cair, sehingga mengurangi polusi air. “Selain itu, mahasiswa akan mempelajari peran mikroalga dalam menyerap CO2, membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Kuliah juga mencakup proses konversi mikroalga menjadi bioenergi, yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dengan pengetahuan ini, mahasiswa diharapkan mampu berkontribusi pada solusi inovatif untuk masalah lingkungan dan energi,” terang Prof. Pranoto.

Dalam kuliah pakar ini, Prof. Dr. Eng. Ir. Arief Budiman, M.S., IPU dari PUI-PT Mikroalga dan PSE UGM menyampaikan bahwa pengembangan mikroalga dapat dimanfaatkan dari berbagai bidang. Dari bidang pengolahan limbah, bidang energi, sumber bahan makanan baik untuk manusia dan hewan, serta untuk bidang personal care/kosmetik. 

Peserta kuliah pakar berdiskusi dengan dipandu oleh moderator Dr. Siti Khoiriyah, M.Si. Para alumni dan mahasiswa yang berasal dari bidang kesehatan, teknik, pertanian, manajemen, ekonomi, kimia, peternakan dan lain-lain sangat antusias mengikuti kegiatan ini,  banyak respon yang disampaikan sebagai bukti ketertarikan pada materi pengembangan mikroalga. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content