Search
Close this search box.

Mahasiswa Prodi Kriya Seni FSRD UNS Tampilkan Karya dalam Wastra Nusantara Fashion 2024

UNS –  Sebelas mahasiswa Program Studi (Prodi) Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti pagelaran Fashion Show Young Designer dalam acara Wastra Nusantara Fashion 2024. Acara yang digelar di Plaza Taman Sriwedari Solo tersebut bertujuan untuk mempromosikan wastra dalam spirit pelestarian warisan budaya lokal Wastra Nusantara.

Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn., yang merupakan dosen pendamping dari Prodi Kriya Seni FSRD UNS mengungkapkan bahwa acara ini merupakan kegiatan yang sangat positif selain sebagai ajang kreativitas dalam merancang fashion menggunakan Wastra Nusantara juga memberikan informasi serta wawasan keilmuwan tentang keunikan, keindahan bahkan filosofi Wastra Nusantara bisa terekam dan lestari oleh para generasi muda.

“Mahasiswa Prodi Kriya Seni FSRD UNS menampilkan 13 karya desain fashion mix dengan menggunakan Wastra Nusantara sebagai local wisdom dalam karya, dipresentasikan sesuai gaya, selera anak muda saat ini agar Wastra Nusantara familiar dalam hati generasi muda. Selain Wastra Nusantara sebagai media rancang fashion, konsep environmental ethnic juga diusung dalam karya mereka,” terang Ratna di sela-sela acara yang digelar pada Rabu (15/5/2024).

Kemudian, value issue kesadaran terhadap lingkungan diangkat sebagai gerakan kepedulian mahasiswa Prodi Kriya Seni FSRD UNS tentang environmental responsibility. Bahan yang digunakan dalam kreativitas desain fashion mereka sebagian besar menggunakan limbah dan sisa tekstil jeans serta Wastra Nusantara yang mereka design sangat menarik. “Bahan limbah dan sisa yang tidak terpakai menjadi produk baru yang sangat artistik dan dijadikan sebagai bahan utama dalam inovasi design produk fashion yang ramah lingkungan.” imbuhnya.

Disamping fashion show juga terdapat talk show tentang kain tradisi Nusantara. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 yang digelar di Kota Surakarta.

Para mahasiswa menampilkan karya-karya fashion kreatif yang berwawasan budaya dan lingkungan. Desain tekstil dan fashion yang berwawasan budaya dan lingkungan merupakan dasar nilai yang dikembangkan oleh prodi Kriya Seni UNS. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara ini diantaranya Anggie Karunia Rahma, Annisa Tri Syahri Chiquitana Balqis Ghorra’ul Wajh, Derrick Ananditya, Erlitna Justita Br. Purba, Kharisma Widya Kartika, Mufida Khairul Muna, Muhammad Rifqi Hasya, Salva Rusnia Ardhiyanie, Tery Luana Irmalia, dan Yosevin Tiodora.

“Kami dari Prodi sangat mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan di luar kampus yang berkaitan dengan bidang keilmuan desain tekstil dan fashion. Gelaran fashion show merupakan ajang untuk melatih mental, kreativitas, dan keterampilan berkarya bagi mahasiswa. Disamping itu, mahasiswa juga belajar untuk mengkomunikasikan gagasan melalui karya fashion kepada masyarakat,” pungkas Ratna.

HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content