UNS – Tim Riset Grup Pelayanan Publik Berbasis Human Governence Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan dukungan peningkatan edukasi politik bagi perempuan. Hal ini salah satunya ditunjukan dengan menyelenggarakan pendidikan politik bagi perempuan pada kelompok mitra dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Karanganyar awal November lalu.

Dihadiri 25 peserta, kegiatan ini menghadirkan tiga pemateri yaitu Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, Dra. Sri Yuliani, M.Si dan Dra. Rahesli Humsona, M.Si pada Kamis (5/11/2020) yang lalu. Secara luring kegiatan ini dipandu oleh Tiyas Nur Haryani, S.Sos, M.Si sebagai moderator.

Prof. Ismi selaku narasumber sekaligus ketua riset grup menyampaikan dalam keterangan tertulis bahwa perempuan dalam politik tetap menjadi isu strategis baik pada skala lokal dan nasional. Pendidikan politik bagi perempuan tidak bisa hanya dilakukan satu kali, namun perlu dilakukan secara berkelanjutan.

“Proses edukasi dan peningkatan kapasitas perlu dilakukan oleh perempuan untuk mempersiapkan diri menjadi pemilih cerdas maupun kader politik dengan sensitivitas gender yang tinggi,” jelas Prof. Ismi.

Adapun hasil yang dapat dipetik dari diskusi ini ialah kelompok perempuan dalam arus politik dan/atau ketika terlibat dalam dunia politik akan menghadapi tantangan sejak pertama masuk hingga sudah berhasil menduduki jabatan publik/politik. Konsistensi sensivitas gender para perempuan politisi menjadi poin penting yang harus dipertahankan saat pengkaderan, kampanye publik hingga saat sudah terpilih.

Disisi lain, Tiyas selaku moderator pun menambahakn, dukungan perlu didapatkan dari laki-laki maupun perempuan itu sendiri untuk mendukung perempuan yang terjun di ranah politik baik sebagai pemilih maupun kader. Selain itu, diperlukan juga dukungan tambahan dari level keluarga, masyarakat, negara dan kebijakan publiknya.

“Jadi dukungan dari beberapa aspek ini dibutuhkan dan sebetulnya wajib diberikan untuk bisa meningkatkan akses partisipasi, control dan manfaat perempuan dalam pembangunan. Jadi kalau mereka meningkat aksesnya, mereka bisa ikut terjun dalam politik. Ketika mereka terjun dalam politik mereka bisa lebih menyuarakan aspirasi, pengalaman, permasalahan dan kebutuhannya dalam penyusunan kebijakan publik,” tutur Tiyas dala keterangan secara terpisah kepada tim uns.ac.id Jumat (20/11/2020)

Dukungan yang diberikan ini bentuknya bisa beragam, salah satunya yaitu berbentuk komitmen yang diberikan oleh pemimpin atau pemerintah. Komitmen tersebut berupa memberikan akses partisipasi kontrol dan manfaat yang lebih adil dan setara untuk perempuan dan laki-laki maupun kelompok rentan lainnya. Hasil yang diharapkan dari proses ini adalah lahirnya perempuan yang berdaya atas dirinya sendiri.

Berbicara perihal antusiasme peserta, Tiyas mengatakan bahwa respon baik diberikan oleh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Keberhasilan juga tercapai dengan mendapatkan perhatian para peserta dan komitmen peningkatan perempuan dalam politik. Harapan kedepannya agenda ini bisa terus berlanjut dengan topik-topik yang bertujuan meningkatkan kapasitas secara umum bagi anggota lembaga dan secara khusus pada kelompok perempuannya. HUMAS UNS

Reporter: Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Mahasiswa UNS Torehkan Prestasi pada Lomba Cergam Kemendikbud-Ristek RI

UNS --- Lagi-kagi, kabar gembira datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta....

Pelepasan 55 Burung Perkutut Awali Pertandingan Persahabatan UNS FC Lawan Jurnalis FC

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pertandingan sepakbola antara UNS FC...

Sebanyak 2.727 Pendaftar Lolos SBMPTN UNS 2021

UNS --- Sebanyak 2.727 pendaftar dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri...

Berlangsung Sengit, UNS FC Tundukkan Jurnalis FC dengan Skor 8-4

UNS --- Laga pertandingan persahabatan antara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Football...

Nanda Mei, Atlet Paralympic dengan Segudang Prestasi

UNS --- Banyak mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang memiliki segudang prestasi...

Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

UNS --- Prestasi membanggakan kembali hadir dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada...

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...