Tim Bengawan UNS Cetak Prestasi di Kontes Mobil Hemat Energi

UNS – Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018. Mobil rancangan mereka, Samudera Wirasena sukses meraih juara kedua dalam kompetisi mobil hemat energi yang digelar pada 27 November- 1 Desember 2018 di Universitas Negeri Padang (UNP), Padang.

“Kami mendapatkan juara dua pada kategori Urban kelas MPD (Motor Pembakaran Dalam) Diesel. Saat kompetisi, mobil Samudera Wirasena mampu menempuh jarak 135 km/liter,” ujar Manager Tim Bengawan UNS, Majid, Senin (3/12/2018).

Majid mengatakan capaian tersebut bukanlah sesuatu yang mudah didapat. Ada berbagai masalah yang mesti mereka hadapi selama kompetisi. Salah satunya yaitu faktor cuaca.

“Cuaca tidak menentu. Pagi panas, tapi ketika mau race malah hujan sehingga race ditunda dan cukup mengganggu konsentrasi. Jadi kami selalu berusaha untuk men-setting mobil kami agar beradaptasi dengan cuaca hujan agar tidak ada kendala ketika race,” jelas mahasiswa Teknik Mesin UNS ini.

Namun, lanjut Majid, pihaknya bersyukur dapat memberikan hasil yang memuaskan. Bahkan, kata dia, performa mobil mereka lebih baik dari tahun lalu. “Kami sangat bersyukur sekali bisa membanggakan UNS di dalam kompetisi ristekdikti tingkat nasional ini,” kata dia.

Usai mencetak prestasi di KMHE, mobil Samudera Wirasena akan berlaga dalam kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2019 untuk kategori Urban kelas ICE (Internal Combustion Engine). “Semoga kami bisa meraih juara di kompetisi tersebut seperti tahun 2017,” tandasnya.

Sementara itu, KMHE sendiri merupakan event skala nasional yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti untuk memperlombakan inovasi mobil hemat energi buatan mahasiswa seluruh Indonesia. Tahun ini, ajang tahunan tersebut diikuti oleh 71 tim dari 43 perguruan tinggi se-Indonesia. Humas UNS

By | 2018-12-03T21:11:33+00:00 03 December 2018|Categories: Berita Terkini|