Tingkatkan Kualitas Akademik, UNS Kukuhkan Dua Guru Besar

UNS – Universitas Sebelas  Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan Hasan Fauzi sebagai guru besar bidang Ilmu Akuntansi-Governance & CSR serta Sunarto sebagai guru besar bidang Ilmu Biologi Lingkungan (Ekologi), Kamis (5/7/2018).

Pada kesempatan kali ini, Hasan Fauzi dikukuhkan sebagai guru besar ke-13 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan guru besar ke-193 di UNS. Sedangkan Sunarto dilantik sebaai guru besar ke-13 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (FMIPA) dan guru besar ke-194 di UNS.

Dalam pidato pengukuhanya yang berjudul “Kerangka Islamic Corporate Governance and Accountability (i-CGA) untuk Memberikan Solusi terhadap Permasalahan Sosial dan Lingkungan,” Hasan Fauzi menyatakan bahwa i-CGA mempunyai peranan yang penting dalam mengarahkan strategi, kebijakan, dan praktek CSR.

“Kerangka ini berdasarkan pada konsep tauhid dan mengintegrasikan prinsip-prinsip Maqasid Syariah (islamic law) dan Maslahah (public good) serta pemahaman bahwa misi penciptaan manusia sebagai khalifah adalah untuk beribadah dan berdakwah,” terang Hasan.

Sementara itu, Sunarto yang menyoroti mengenai implementasi pengelolaan ekosistem perairan tawar yang berkelanjutan dalam pidato pengukuhannya menyatakan pentingnya implementasi ekoteknologi dalam konsep pendidikan lingkungan sejak dasar.

“Akar permasalahan penyebab bencana lingkungan adalah manusia itu sendiri yang berakhlak kurang mulia. Langkah pertama untuk menjaga kelestarian dan perbaikan mental manusia melalui berbagai media diantaranya di bidang pendidikan,” ungkap Sunarto.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, yang turut hadir dalam acara ini menyatakan bahwa  dengan bertambahnya daftar nama guru besar di UNS diharapkan dapat menjadikan kualitas akademik UNS ke arah yang lebih baik lagi.

“Dengan bertambahnya guru besar yang dikukuhkan di UNS, mestinya mampu meningkatkan kualitas UNS terutama dalam hal kualitas sumberdaya manusia dan kualitas akademik,” ungkap Ravik. Humas-Red/Ref/Isn

By | 2018-07-07T06:46:14+00:00 07 July 2018|Categories: Berita Terkini|