UNS – Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Surakarta menghelat konferensi internasional bertajuk International Conference on Internet Applications, Protocols and Services (NETAPPS).

Konferensi ini melibatkan pembicara dan peserta berasal dari  tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Taiwan. Acara ini diadakan selama dua hari dan bertempat di Ballroom Hotel Paragon Solo, Rabu-Kamis (28-29/11/2017).

Distinguished Prof. Jing-Ming Guo, PhD. dari National Taiwan University ketika menyampaikan materi pada konferensi Internasional

NETAPPS tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima sejak pertama diinisiasi. Meski begitu, ini pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah setelah sebelumnya selalu diadakan di Malaysia.

Pada penyelenggaraan perdana di Indonesia, NETAPSS mengangkat tema kekinian dalam bidang teknologi informasi, yaitu “Enhancing Digital Trust for Sustainable Development”.

Meski mengangkat tema teknologi, kearifan lokal tetap disisipkan pada konferensi ini, satu di antaranya yaitu pembukaan konferensi dengan tarian Jawa klasik yang diciptakan oleh KGPAA Mangkunegara VIII, yaitu tarian Beksan Gambyong Retno Kusumo.

Peserta Konferensi Internasilan Kerjasama Tiga Negara Tengah Serius Mendengarkan Materi

Selama dua hari, konferensi internasional ini menghadirkan empat pembicara kunci dan sejumlah pembicara yang merupakan peneliti. Para pembicara menyampaikan hasil penelitiannya terkait bidang yang disorot dalam konferensi ini.

Yang menjadi pembicara kunci dari konferensi internasional ini adalah Drs. Bambang Harjito, MAppSc, PhD. dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Riri Fitri Sari, M.M. M.Sc., DTM, SMIEEE dari Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Suhaidi Hasan, SMIEE dari Universitas Utara Malaysia (UUM), dan Distinguished Prof. Jing-Ming Guo, PhD. dari National Taiwan University of Science and Technology.

Semua hasil penelitian yang disampaikan dalam konferensi ini akan dipublikasikan juga dalam jurnal internasional bereputasi yang terindeks SCOPUS. Dengan begitu hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh khalayak luas.

“Diharapkan dari konferensi ini, hasil dari penelitian-penelitian yang ada dapat terevaluasi dan dapat ditingkatkan kualitasnya. Selain itu, tren terbaru terkait penelitian di bidang Informatika dapat tersebarluaskan dan dapat memicu kontribusi peneliti-peneliti lain untuk berkontribusi menciptakan pembaharuan lainnya dari penelitian yang telah ada tersebut” ujar Heri Prasetyo. humas-red.uns/Sav/Eln