UNS Jadi Tuan Rumah NSEC 2012

UNS akan menjadi tuan rumah pada National Student Environmental Conference 2012 yang akan digelar di Ruang Sidang Umum Fakultas Teknik UNS, Sabtu (26/5/2012). Konferensi bertajuk “Green Campus Colaboration and Youth Movement to Support a Green Lifestyle” rencananya akan dihadiri oleh delapan universitas se-Indonesia, meliputi: ITS, UNDIP, UNNES, UGM, UTY, UNS, IPB, dan UNJ. Konferensi ini menjadi salah satu bagian dari rangkian kegiatan Inspirational Green Action (IGA) 2012.

Demikian ungkap Kepala Divisi Humas dan Infokom Inspirational Green Action 2012 Riana Tri Setyadhani saat ditemui di Student Center UNS, Rabu (16/5/2012). Ia menerangkan bahwa event besutan hasil kerjasama Green Movement Community, HMJ Manajemen, dan Kompas Kampus ini berlangsung selama dua hari dengan agenda kegiatan indoor pada hari pertama (26/5) dan outdoor pada hari kedua (27/5).

Hari pertama IGA akan berlangsung workshop “Green Living: gaya Hidupku Gaya Hidup hijau” di Aula Fakultas Ekonomi dengan menghadirkan Shanaz Haque dan Dik Doang. Selain itu, gelaran IGpada hari pertama juga diisi dengan beberap ajang kompetisi, seperti: kompetisi esay, lomba fotografi “Wake Up Green”, dan kompetisi bisnis plan.

Hari kedua pelaksaan IGA berpusat di Lembah Teknik UNS adalah dengan green campaign yaitu dengan gerebeg sampah, make a compos with biopore, dan sepeda ceria yang diikuti oleh beberapa komunitas sepeda onthel di Solo. Ada pula greentainment dengan tajuk “My Recycle Batik” yaitu pembuatan batik dari bahan-bahan bekas yang nantinya akan dikenakan pada saat karnaval mengelilingi kampus UNS.

Terakhir, Green Exhibition berupa pameran stand bazar. Ada aturan unik bagi peserta pameran, yaitu tiap stand tidak boleh menghasilkan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

Riana menjelaskan, “Ini menjadi bagian dari kampanye kami untuk terus mengajak kepada para mahasiswa khususnya untuk bergaya hidup ramah lingkungan. Karena memang bia dikatakan jika kesadaran para mahasiswa untuk hidup green ini masih relatif rendah.”

Lebih jauh ia mengungkapkan, mahasiswa bisa berperan aktif untuk turut bergaya hidup hijau misalnya dengan tidak membeli minuman dalam kemasan plastik. Ia menyarankan agar membawa tumblr sendiri dari rumah. Selain itu, tidak membawa pulang makanan yang dibungkus menggunakan plastik atau stereofom. Usahakan makan di tempat agar tidak menghasilkan sampah. Jika terpaksa membungkus, bawalah tempat makan sendiri dari rumah.

Tak kalah penting, mahasiswi Jurusan Fisika FMIPA ini menyarankan agar mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ke kampus. “Usahakan naik angkutan umum saja atau naik sepeda. Tapi kalau dekat, jalan kaki juga oke,” ungkapnya.[]

Skip to content