Sepuluh fakultas di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. Penandatangan memorandum of understanding (Mou) kerja sama tersebut dilakukan bersamaan dengan kuliah umum bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Aula Fakultas Pertanian, Jumat (13/5/2016).

Penandatangan secara simbolis dilaksanakan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Widodo Muktiyo dan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Solo Misran. Adapun kerja sama tersebut berisi tentang peran serta peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan UNS dalam menyukseskan gerakan penanaman pohon. Hal ini diharapkan bisa menumbuhkan budaya cinta lingkungan melalui gerakan menanam dan memelihara pohon sehingga kelestarian hutan dan lingkungan bisa terjaga.

Sesi penandatangan MoU disaksikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (dua dari kanan) didampingi Rektor UNS Ravik Karsidi.

Sesi penandatangan MoU disaksikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (dua dari kanan) didampingi Rektor UNS Ravik Karsidi.

Sasaran lokasi yang dituju adalah lahan kritis dan lahan kosong di sekitar kampus. Sedangkan target pencapaian dari kerja sama ini adalah penguatan budaya cinta lingkungan hijau melalui gerakan menanam dan memelihara pohon dalam proses pembelajaran; terlaksananya penanaman dan pemeliharaan pohon pada lahan kritis dan lahan kosong yang berada di sekitar kampus; tersedianya bibit tanaman dalam jumlah dan kualitas yang memadai; terwujudnya peran serta para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan UNS dalam berbagai kegiatan penanaman pohon; dan terlaksananya monitoring dan evaluating serta bimbingan teknis pelaksanaan penanaman dan pemeliharaan pohon.[] (dodo.red.uns.ac.id)