UNS Jalin Kerjasama Dengan Komnas HAM

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar kerjasama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, MA dan Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi di ruang Sidang 1 Gedung Pusat dr Prakosa UNS, Kamis (1/11/2018).

Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi mengatakan untuk isi perjanjian kerjasama yaitu tentang pemajuan HAM melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

“Tujuan kerjasama ini adalah guna terwujudnya penguatan, pelaksanaan, perlindungan dan penghormatan HAM serta untuk memperkuat sinergisitas hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang Ravik.

Foto bersama UNS dengan Komnas HAM

Selama ini UNS memiliki komitmen dalam menegakkan HAM.  Kini UNS telah memiliki Pusat Penelitian dan Pengembangan Konstitusi dan HAM (P3KHAM). Tak hanya itu, UNS juga mengakomodir hak civitas akademika yang mengalami disabilitas. “Kami memiliki 25 mahasiswa yang difabel, dan UNS berusaha untuk memenuhi hak-hak mereka, misalnya dengan membuat fasilitas gedung perkuliahan yang ramah difabel. Dan UNS juga memiliki Pusat Studi Difabilitas (PSD),” imbuh Ravik.

Kemudian seluruh civitas akademika di UNS juga bisa menjalankan hak asasi nya dalam beragama dan menjalankan ibadah. “UNS merupakan kampus kawasan pengamalan pancasila yang memiliki lima tempat ibadah, bahkan dalam waktu dekat juga akan dibangun Klenteng meski yang beragama Khonghucu hanya 6 orang namun ini sudah menjadi hak mereka yaitu bisa beribadah di dalam kampus,” imbuh orang nomor satu di UNS ini.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi ini merupakan program yang sangat strategis. “Semoga kerjasama antara Komnas HAM dengan UNS ini bisa saling memberikan manfaat kepada kedua belah pihak,” katanya. Humas UNS

By | 2018-11-01T13:28:52+00:00 01 November 2018|Categories: Berita Terkini|