UNS Kirim Delegasi ke MTQMN 2019

UNS – Dalam rangka persiapan menuju Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI pada tahun 2019 ini, Tim Delegasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, khususnya dari UKM Ilmu Quran UNS, mengadakan “Simulasi Akbar MTQMN Tim Delegasi UNS” di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (19/7/2019). Terdapat tiga bidang perlombaan yang disimulasikan pada sore hari itu.

“Awalnya tadi ada empat bidang yang akan disimulasikan, tapi karena beberapa peserta ada yang berhalangan hadir akhirnya hanya ada tiga bidang. Yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Murottalil Quran, dan Musabaqah Syarhil Quran. Yang tidak ada Musabaqah Maulid Nabi,” ujar Warih, salah seorang Penanggung Jawab Tim.

Warih pun mengatakan, simulasi ini merupakan bagian dari masa karantina atau “training center” yang bertujuan untuk melatih para peserta agar mendapatkan suasana berhadapan langsung dengan publik.

Adapun UNS mengirimkan delegasi di 14 bidang perlombaan setelah melakukan seleksi tingkat universitas. Hifzhil Quran menjadi bidang yang diandalkan oleh tim UNS.

“Kalau melihat dari capaian di tahun-tahun sebelumnya, Hifzhil Quran menjadi bidang unggulan UNS. Di mana di tahun-tahun sebelumnya kita berhasil meraih juara. Kemudian, kalau melihat selama persiapan, kita cukup percaya diri dengan cabang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran (KTIQ). Dilihat dari bagaimana persiapannya, semangat timnya, terlebih ini sudah melalui tahap seleksi nasional untuk masuk 50 besar yang dapat presentasi di sana. Target dan harapannya ya semoga jadi juara umum,” imbuh Warih.

Agenda dua tahunan ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan 16 bidang perlombaan musabaqah. Tahun ini, MTQMN akan diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh pada tanggal 28 Juli-4 Agustus 2019 dengan 2.484 pendaftar dari 230 universitas di Indonesia. Humas UNS/ Kaffa

Skip to content