Berita Terkini

UNS Lantik 8.535 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019

By 13 August 2018 No Comments

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Pelantikan ini meliputi mahasiswa baru program diploma, sarjana, dan pascasarjana di halaman gedung dr. Prakosa UNS, Senin (13/8/2018).

Terhitung sebanyak 8.535 mahasiswa dari sebelas fakultas program sarjana dan pascasarjana. Selain itu, terdapat 20 orang mahasiswa Beasiswa ADiK (Afirmasi Pendidikan Tinggi) dan 25 orang mahasiswa asing yang telah memenuhi peryaratan administrasi akademik di tahun ini.

Penyerahan daftar mahasiswa baru disampaikan oleh Sutarno selaku Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), lalu dilanjutkan dengan penyematan kartu mahasiswa dan pin UNS Active kepada perwakilan mahasiswa, sarjana, diploma dan pascasarjana oleh Rektor UNS.

Rektor UNS Ravik Karsidi dalam pidatonya menekankan bahwa sebagai generasi milenial juga harus bijak dalam menggunakan teknologi dalam menanggapi segala informasi serta menghindari hoax. Mahasiswa juga harus mempersiapkan masa depan sebaik mungkin dengan meningkatkan kompetensi mereka di atas rata-rata untuk menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0.

“Para mahasiswa juga harus menguasai bahasa asing karena hal itu dapat meningkatkan pergaulan global, kemudahan akses IPTEK serta meningkatkan kecerdasan. Disisi lain, Anda juga harus membangun budaya akademik maupun non-akademik karena sudah banyak prestasi yang diukir oleh mahasiswa UNS sebelumnya,” tambah Ravik.

Ravik berharap mahasiswa baru UNS nantinya dapat menerapkan budaya kerja UNS Active yaitu Achievement orientation, Customer satisfaction, Team work, Integrity, Visionary dan Entrepreneurship. Agar mempunyai karakter mahasiswa yang kuat, enam budaya kerja ini tidak cukup hanya dihafalkan namun benar-benar harus dijalankan.

Pada tahun akademik 2018/2019 ini, UNS menerima mahasiswa baru untuk semua jenjang pendidikan melalui tujuh jalur antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri UNS, PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), Ujian Tulis Mandiri, Universitas Sebelas Maret Berprestasi dan Jalur Seleksi Mahasiswa Asing.  humas-red.uns/Ysp/Dty

Leave a Reply