Berita Terkini

UNS Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Pelindo III

By 11 January 2021 No Comments

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani nota kesepahaman bersama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Seremonial penandatanganan kerja sama ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (11/1/2021). Dalam kesempatan tersebut hadir Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III, Edi Priyanto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Bidang Umum dan SDM UNS, Dr. Bandi dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo serta Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi, Prof. Sajidan.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian penandatanganan nota kesepahaman, sambutan oleh kedua belah pihak, dan penutup. Penandatanganan dokumen kerja sama PT Pelindo III diwakili oleh Edi Priyanto selaku Direktur SDM Pelindo III dan Prof. Sajidan selaku Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS. Edi menuturkan bahwa kerja sama yang dijalin Pelindo III dengan UNS meliputi tiga bidang, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Pertama, pada bidang pendidikan nantinya berkaitan dengan proses pembelajaran, praktik lapangan, perkuliahan, dan praktikum. Lalu pada bidang penelitian nanti bisa dengan proses pengambilan data dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen yang hasilnya dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kemudian, pada bidang pengabdian masyarakat mencakup Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Coorporate Social Responsibility (CSR),” jelas Edi.

Adanya program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakni kampus merdeka, merdeka belajar dapat mengeratkan kerja sama antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Edi berharap akan ada link and match antara dunia pendidikan dan industri melalui kerja sama ini.

“Melalui kerja sama ini, diharapkan mampu mengembangkan aktivitas kelembagaan perusahaan dan mutu pendidikan serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nanti harus banyak berdiskusi supaya gap antara dunia pendidikan dan dunia kerja bisa dikurangi, outputnya mahasiswa yang benar-benar siap bekerja dan memasuki dunia kerja,” imbuhnya.

Sementara itu, sambutan dari UNS diberikan oleh Prof. Sajidan selaku Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS. Ia mengatakan bahwa melalui status UNS yang sudah berbadan hukum, dapat memberikan keluwesan dalam otonomi baik dalam bisnis akademik maupun nonakademik.

“Kerja sama dengan PT Pelindo III menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kampus merdeka, merdeka belajar. Dalam Keputusan Rektor, kegiatan kampus merdeka, merdeka belajar dan lembaga sertifikasi profesi menjadi hal yang kami utamakan sehingga akhirnya semua Prodi dapat terakreditasi internasional,” terang Prof. Sajidan saat memberikan sambutan.

Sebelum menutup seremonial, Prof. Sajidan berharap setelah penandatanganan kerja sama ini dapat dilanjutkan dengan kerja sama lain baik dengan fakultas, sekolah vokasi dan pascasarjana UNS.
“Semoga bisa lebih implementatif baik dengan Dekan Sekolah Vokasi, dekan fakultas atau mungkin dari Pelindo ada yang ingin mengambil S-2. Kemudian bisa juga misal ingin melakukan  nanti bisa dilanjutkan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS. Sehingga nanti bisa lebih erat lagi,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply