Search
Close this search box.

UPT KLI UNS Mengadakan Orientasi untuk Mahasiswa Internasional Periode Agustus 2024

UNS – UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan program orientasi bagi 20 mahasiswa internasional baru yang akan memulai studinya pada bulan Agustus tahun 2024. Orientasi ini berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 13 hingga 14 Mei 2024.

Kepala UPT KLI UNS, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D. mengatakan, program orientasi untuk mahasiswa asing ini bertujuan untuk memberikan informasi penting dan pengalaman budaya untuk membantu mereka beradaptasi dengan kehidupan dan studi di UNS.

Hari pertama orientasi yaitu Senin (13/5/2024), dengan mengambil lokasi di Ruang Seminar UPT Perpustakaan UNS, mahasiswa internasional baru difokuskan pada aspek-aspek penting seperti peraturan imigrasi, pedoman akademik, dan penyesuaian budaya. Melalui sesi interaktif dan presentasi informatif, para mahasiswa diperkenalkan dengan hukum imigrasi, peraturan akademik, dan pentingnya adaptasi budaya untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama belajar di UNS. β€œBagian ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menavigasi kegiatan akademik dan budaya di lingkungan baru mereka,” terang Rino.

Pada hari kedua Selasa (14/5/2024), mahasiswa internasional baru diajak untuk berkeliling Kota Solo serta mengunjungi tempat-tempat menarik seperti Pasar Gede. Ini dilakukan untuk mengenalkan mahasiswa internasional baru kepada sejarah dan warisan budaya Kota Solo. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengikuti mini workshop kerajinan Batik di Kampung Batik Laweyan. Aktivitas ini bertujuan untuk memperkenalkan para mahasiswa internasional baru pada budaya Jawa dan seni tradisional batik serta memberikan mereka pengalaman yang berkesan dalam komunitas lokal.

Rino menambahkan, bahwa kegiatan ini menekankan pentingnya program orientasi dalam memfasilitasi integrasi mahasiswa internasional di universitas dan lingkungan sekitar. β€œInternational Office UNS (UPT KLI UNS) juga memastikan bahwa mahasiswa internasional merasa disambut dan diterima di lingkungan mereka yang baru serta menciptakan pemahaman lintas budaya,” imbuhnya. HUMAS UNS

Scroll to Top
Skip to content