Search
Close this search box.

UNS Gelar Sosialisasi KKN MBKM Membangun Desa Periode Juli-Agustus Tahun 2024

UNS— Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS Membangun Desa periode Juli-Agustus tahun 2024. Sosialisasi dilakukan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Senin (13/5/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. mengatakan, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yaitu untuk memperbaiki KKN MBKM yang telah berjalan dari tahun 2020. KKN MBKM ini adalah salah satu program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu merdeka belajar. “Dari kegiatan tersebut kita juga dinilai oleh Kemendikbudristek yaitu masuk ke Indikator Kinerja Utama (IKU) terutama nomor 2 dan juga imbasnya ke IKU nomor 1, 6, 7 dan 8. Oleh karena itu, ini adalah tanggung jawab kita semuanya untuk mensukseskan kegiatan KKN MBKM,” terang Prof. Yunus.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensukseskan program pemberdayaan masyarakat. “Misalnya Riset Grup (RG) di masing-masing program studi, ada kegiatan penelitian dan pengabdian. Adanya RG tersebut dapat melibatkan mahasiswa. Disinilah peran Kaprodi yang memiliki RG di prodi untuk mendata kegiatan yang bisa melibatkan mahasiswa. Karena yang Namanya RG dosen atau laboratorium itu melibatkan mahasiswa baik S1, S2 maupun S3,” imbuhnya.

Kemudian tidak menutup kemungkinan kegiatan KKN MBKM ini menggandeng mitra. Misalnya RG bekerja sama dengan mitra Sinarmas Grup dengan melakukan penyuluhan pertanian organik kepada para petani. Kemudian bisa dengan melatih petani membuat pupuk dan pestisida organik. Lalu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran bisa dengan menggandeng mitra memberikan penyuluhan tentang stunting atau perbaikan gizi yang baik untuk masyarakat.

“Harapan kita punya tinggalan yang baik di masyarakat. Kita berharap setelah ada program-program KKN, masyarakat, petani, UMKM bisa mandiri dan sejahtera,” ujar Prof. Yunus.

Kemudian acara sosialisasi KKN MBKM UNS Membangun Desa dilanjutkan dengan sosialisasi yang di moderatori oleh Koordinator Bidang KKN Berbasis Kemitraan pada Unit Pengelola KKN, Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc. dengan pemateri Kepala Unit Pengelola KKN UNS, Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum. Dr. Nurhadi menyampaikan konsep KKN UNS yaitu pemberdayaan masyarakat, pendampingan dan edukasi.

KKN MBKM ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Karena tridharma tidak hanya dilakukan oleh dosen namun juga melibatkan mahasiswa. Dengan KKN ini, dapat membantu mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang didapat secara langsung, hal ini dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat.
Lalu KKN ini juga digunakan untuk melatih mahasiswa belajar bersama masyarakat dalam rangka berpartisipasi dalam pembangunan.

“KKN ini dapat membantu pemberdayaan masyarakat melalui penerapan Iptek dan seni. Bagi mahasiswa, KKN ini dapat mendewasakan kepribadian dan memperluas wawasan. Diharapkan mahasiswa dapat menfasilitatori pembangunan masyaraka,” ujar Dr. Nurhadi.

Lalu bagi masyarakat, diharapkan adanya KKN ini ada perubahan sikap dan perilaku positif. “Contoh kebiasaan menyimpan uang. Dengan adanya KKN, misalnya masih ada perilaku masyarakat yang memiliki kebiasaan menabung uang di rumah, maka bisa diedukasi supaya menabung di bank,” imbuhnya.

Dr. Nurhadi menghimbau kepada mahasiswa untuk bisa melihat potensi desa dan berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam menyusun rencana pembangunan desa. Humas UNS

Skip to content