Mau Daftar Sekolah Vokasi UNS? Begini Caranya

UNS — Seleksi masuk perguruan tinggi negeri sudah mulai bergulir. Satu gelombang yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bahkan sudah mengumumkan hasil seleksinya. Namun, seleksi tersebut mayoritas hanya menampung Program Studi (Prodi) akademik strata 1. Lantas bagaimana cara agar dapat masuk Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta?

Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc. Ak. menjelaskan bahwa saat ini SV UNS terdiri atas 24 Prodi di kampus Solo. Sebanyak dua Prodi berstatus D4, sedangkan sisanya D3. Perbedaan status ini juga berbeda cara pendaftarannya.

“Di SV UNS saat ini ada 24 Prodi. Dua Prodi itu D4 dan sudah masuk LTMPT (Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi) jadi bisa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sudah bisa diakomodasi di sana,” terang Drs. Santoso dalam Wedangan IKA UNS Seri L pada Rabu (24/3/2021).

Namun demikian, 22 Prodi SV UNS yang berstatus D3 masih belum diakomodasi pada lembaga nasional tersebut. Secara lebih lanjut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. mengatakan bahwa Prodi D3 hanya bisa didaftar melalui Seleksi Mandiri yang diadakan UNS.

Saat ini Seleksi Mandiri UNS memiliki lima jalur yang dapat ditempuh para calon pendaftar. Pertama, Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP). Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UNS melalui penelusuran bibit unggul lulusan SMA/MA/SMK/MAK paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik (Bidang penalaran, bidang minat dan bakat, serta bidang keagamaan). Para lulusan SMA sederajat yang memiliki hafalan alquran atau Al-Kitab difasilitasi dalam seleksi jalur ini.

Sebagai informasi, pendaftaran SMJP sedang berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Jika tertarik mendaftar pada jalur ini, siswa hanya perlu menyiapkan dokumen berupa rapor SMA mulai semester 1 hingga semester 5, siswa SMK 4 tahun yakni rapor semester 1 hingga semester 7, atau siswa akselerasi yakni rapor semester 1 hingga semester 4. Pendaftar juga harus melampirkan dokumen prestasi berupa sertifikat kejuaraan atau sertifikat Hafizul Quran atau hafalan Al-Kitab. Hasil seleksi SMJP akan diumumkan pada 15 Juni 2021.

“Jalur ini adalah jalur unggulan. Kami mengapresiasi siswa-siswa yang berprestasi khususnya prestasi tingkat nasional atau internasional. Jadi, jalur ini dibuka lebih awal,” ujar Prof. Hadi.

Seleksi Mandiri kedua yakni jalur ujian tulis (SMJU). Pada jalur ini, para pendaftar harus mengikuti ujian tertulis yang khusus diselenggarakan UNS. Selain itu, ada juga jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yakni para pendaftar menyerahkan hasil nilai UTBK yang telah diikuti sebelumnya. UTBK ini diselenggarakan oleh LTMPT. Nilai-nilai tersebut kemudian dibuat perankingan untuk diambil yang tertinggi dan terbaik untuk dapat masuk ke UNS.

Jalur selanjutnya yakni jalur kerja sama atau kemitraan. Jalur ini diperuntukkan khusus bagi perusahaan atau instansi yang sudah menjalin kerja sama dengan UNS untuk menyekolahkan pegawai atau karyawannya di strata S1. Kemitraan atau kerja sama tersebut harus dibuktikan dengan Memorandum of Understanding (MoU) ataupun kesepakatan antara UNS dan instansi/perusahaan yang bersangkutan.

Terakhir, UNS juga memfasilitasi jalur penerimaan khusus disabilitas. Sesuai dengan namanya, jalur ini khusus diperuntukkan bagi siswa disabilitas untuk dapat masuk UNS. Skema seleksinya hanya menggunakan nilai rapor siswa. Hal ini diterapkan untuk meringankan para pendaftar yang disabilitas dalam melaksanakan seleksi.

Nah, itu dia jalur masuk ke SV UNS. Jadi, mau pilih jalur masuk yang mana nih? Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tags :

Mahasiswa Agribisnis UNS Raih Juara 2 Lomba Business Proposal Competition Tingkat Nasional

UNS --- Prestasi di tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret...

Dosen UNS Meraih Penghargaan Achmad Bakrie Award XVIII

UNS --- Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto mendapat...

Tim KKN UNS Desa Borobudur Mengadakan Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah

UNS --- Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

DWP UNS Gelar Donor Darah Rutin di RS UNS

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar donor...

Guru Besar UNS Masuk Dalam 29 Ilmuwan Internasional yang Menjadi Mentor Peneliti Muda Indonesia

UNS --- Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk dalam 29 ilmuwan internasional...

Komisi I DP UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke IPB dan UI

UNS --- Komisi I Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kunjungan...

Mahasiswa UNS Mengadakan Pelatihan Pembuatan Permen Susu di Gemaharjo, Kabupaten Pacitan

UNS --- Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wedangan IKA UNS Seri 111 Bahas Refleksi 77 Tahun Kemerdekaan RI

UNS --- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), acara Wedangan Ikatan Keluarga...

Masuki Usia Baru, FKOR UNS Merayakan Dies Natalis ke-4

UNS --- Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merayakan dies...

Kuliah Umum PKKMB UNS Hadirkan Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir

UNS --- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, H. Erick Thohir, B.A., M.B.A. turut...