Mau Daftar Sekolah Vokasi UNS? Begini Caranya

UNS — Seleksi masuk perguruan tinggi negeri sudah mulai bergulir. Satu gelombang yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bahkan sudah mengumumkan hasil seleksinya. Namun, seleksi tersebut mayoritas hanya menampung Program Studi (Prodi) akademik strata 1. Lantas bagaimana cara agar dapat masuk Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta?

Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc. Ak. menjelaskan bahwa saat ini SV UNS terdiri atas 24 Prodi di kampus Solo. Sebanyak dua Prodi berstatus D4, sedangkan sisanya D3. Perbedaan status ini juga berbeda cara pendaftarannya.

“Di SV UNS saat ini ada 24 Prodi. Dua Prodi itu D4 dan sudah masuk LTMPT (Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi) jadi bisa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sudah bisa diakomodasi di sana,” terang Drs. Santoso dalam Wedangan IKA UNS Seri L pada Rabu (24/3/2021).

Namun demikian, 22 Prodi SV UNS yang berstatus D3 masih belum diakomodasi pada lembaga nasional tersebut. Secara lebih lanjut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. mengatakan bahwa Prodi D3 hanya bisa didaftar melalui Seleksi Mandiri yang diadakan UNS.

Saat ini Seleksi Mandiri UNS memiliki lima jalur yang dapat ditempuh para calon pendaftar. Pertama, Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP). Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UNS melalui penelusuran bibit unggul lulusan SMA/MA/SMK/MAK paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik (Bidang penalaran, bidang minat dan bakat, serta bidang keagamaan). Para lulusan SMA sederajat yang memiliki hafalan alquran atau Al-Kitab difasilitasi dalam seleksi jalur ini.

Sebagai informasi, pendaftaran SMJP sedang berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Jika tertarik mendaftar pada jalur ini, siswa hanya perlu menyiapkan dokumen berupa rapor SMA mulai semester 1 hingga semester 5, siswa SMK 4 tahun yakni rapor semester 1 hingga semester 7, atau siswa akselerasi yakni rapor semester 1 hingga semester 4. Pendaftar juga harus melampirkan dokumen prestasi berupa sertifikat kejuaraan atau sertifikat Hafizul Quran atau hafalan Al-Kitab. Hasil seleksi SMJP akan diumumkan pada 15 Juni 2021.

“Jalur ini adalah jalur unggulan. Kami mengapresiasi siswa-siswa yang berprestasi khususnya prestasi tingkat nasional atau internasional. Jadi, jalur ini dibuka lebih awal,” ujar Prof. Hadi.

Seleksi Mandiri kedua yakni jalur ujian tulis (SMJU). Pada jalur ini, para pendaftar harus mengikuti ujian tertulis yang khusus diselenggarakan UNS. Selain itu, ada juga jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yakni para pendaftar menyerahkan hasil nilai UTBK yang telah diikuti sebelumnya. UTBK ini diselenggarakan oleh LTMPT. Nilai-nilai tersebut kemudian dibuat perankingan untuk diambil yang tertinggi dan terbaik untuk dapat masuk ke UNS.

Jalur selanjutnya yakni jalur kerja sama atau kemitraan. Jalur ini diperuntukkan khusus bagi perusahaan atau instansi yang sudah menjalin kerja sama dengan UNS untuk menyekolahkan pegawai atau karyawannya di strata S1. Kemitraan atau kerja sama tersebut harus dibuktikan dengan Memorandum of Understanding (MoU) ataupun kesepakatan antara UNS dan instansi/perusahaan yang bersangkutan.

Terakhir, UNS juga memfasilitasi jalur penerimaan khusus disabilitas. Sesuai dengan namanya, jalur ini khusus diperuntukkan bagi siswa disabilitas untuk dapat masuk UNS. Skema seleksinya hanya menggunakan nilai rapor siswa. Hal ini diterapkan untuk meringankan para pendaftar yang disabilitas dalam melaksanakan seleksi.

Nah, itu dia jalur masuk ke SV UNS. Jadi, mau pilih jalur masuk yang mana nih? Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Gandeng CV. Bina Cipta Abadi, FIB UNS Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

UNS --- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan...

Adakan FGD, Fakultas Teknik UNS Siapkan Pembukaan Kelas Internasional di Dua Prodi

UNS --- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap membuka kelas...

Kajian Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS, Habib Novel Alaydrus Sampaikan Ceramah Tentang Keberkahan Hidup

UNS --- Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh Habib Novel Alaydrus memberikan ceramah...

RG Indigenous Psychology UNS Bagikan Strategi Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Melalui SALAM SMART

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)...

UNS Raih Poin Tertinggi Pencapaian IKU di Tahun 2020/2021

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja...

Upaya Mengembangkan Potensi Desa, BEM FP UNS Tandatangani Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Desa Ngunut

UNS --- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Buat Poster tentang Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus di Ajang Aection 3.0

UNS --- Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa...

Bagikan Tips Obat Pegel Linu, Grup Riset Filologi Sastra Daerah UNS Kunjungi Warga Pajang Surakarta

UNS --- Minuman tradisional Jawa dengan sejuta khasiat sejatinya sudah sering ditemui sejak jaman...

Kuliah Umum UNS Bersama BPK Bahas Globalisasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertajuk Globalisasi dalam...

Ulas Bahasa dan Penerjemahan di Era Digital, Prodi S-2 Linguistik UNS Menggelar Seminar Internasional SEMIOTICS

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelaas Maret (UNS)...