UNS — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boyolali dan BPS Kabupaten Karanganyar. Kerja sama tersebut terjalin dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) yang dilaksanakan pada Senin (8/8/2022) di Ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA UNS.

Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. bersama jajaran wakil dekan, Kepala Program Studi (Kaprodi) Statistika beserta dosen, dan Kaprodi Matematika beserta dosen hadir dalam penandatanganan tersebut. Kepala BPS Karanganyar, Dewi Tri Rahayuni, S.Si., M.Si dan Kepala BPS Boyolali, Drs. Sugita, M.M. juga hadir langsung dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini.

Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perjanjian kerja sama dengan BPS Kabupaten Karanganyar dan BPS Kabupaten Boyolali merupakan implementasi dari program kementerian dalam rangka mendukung program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan FMIPA. Jalinan kerja sama ini juga merupakan dukungan FMIPA UNS dalam pelaksanaan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh BPS.

“Kerja sama ini diharapkan akan bermanfaat untuk pengalaman mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di kampus,” ujar Drs. Harjana.

Desa Cantik merupakan salah satu program pembinaan statistik sektoral pada tingkat desa dari BPS. Dengan adanya Desa Cantik, desa diharapkan tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan dipandang sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Karanganyar, Dewi Tri Rahayuni menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa bersyukur karena bisa bekerja sama dengan FMIPA UNS. Kerja sama selama ini yang sudah terjalin dengan BPS Karanganyar telah memberikan manfaat dan harapannya bisa berkelanjutan.

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

“Pada saat ini BPS sedang melaksanakan program Satu Data Indonesia (SDI), dengan adanya mahasiswa yang melakukan magang harapannya bisa terjun langsung ke masyarakat untuk penggalian data,” ujar Dewi.

Sejalan dengan Dewi, Drs. Sugita, M.M. selaku Kepala BPS Kabupaten Boyolali juga menyampaikan terima kasih kepada FMIPA UNS atas kerja sama yang terjalin. Sugita mengatakan bahwa tugas, pokok, dan fungsi dari BPS adalah melayani data. Maka dengan adanya mahasiswa yang magang, BPS diharapkan semakin kreatif dan inovatif dalam pelayanan data kepada masyarakat, kalangan akademisi, mahasiswa maupun yang lainnya.

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

“Dengan adanya mahasiswa magang maka kami berharap semakin banyak ragam data yang bisa kami sediakan dan mempermudah layanan kami,” terang Sugita.

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

Acara penandatanganan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis mahasiswa magang dari FMIPA dengan meyerahkan daftar mahasiswa magang oleh Dekan FMIPA UNS kepada Kepala BPS Kabupaten Karanganyar dan Kepala BPS Kabupaten Boyolali didampaingi oleh perwakilan mahasiswa. Jumlah mahasiswa magang dari FMIPA ke BPS Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 orang yang terdiri atas mahasiswa Prodi Statistika sebanyak 13 orang dan Prodi Matematika sebanyak 5 orang. Sementara itu, mahasiswa yang magang ke BPS Kabupaten Boyolali sebanyak 15 orang yang tediri atas mahasiswa Prodi Statisitika 10 orang dan prodi Matematika 5 orang. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan diskusi oleh kedua belah pihak. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

[posts_like_dislike]

FK UNS Terima Kunjungan dari SMA Science Plus Baitul Quran Boarding School Sragen

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari...

Dokter RS UNS Sampaikan Cara Kenali Gejala Kanker Payudara

UNS --- Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak ditemukan di dunia....

UNS Raih Penghargaan AMSI Jateng Digital Award 2022

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh penghargaan sebagai Pemenang diajang...

Prodi S-2 Ilmu Linguistik UNS Mengadakan Kuliah Pakar Peran Kajian Bahasa dalam Konteks Digital

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas...

BEM FP UNS Bersama UMKM Desa Ngunut Mengunjungi UMKM Progress Jogja yang Sudah Go International

UNS --- Tim Progam Penguatan Kapasitas (PPK) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian...

UNS Jalin Kerja Sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi menjalin kerja sama dengan Badan...

Siapkan Pendidik Berkualitas di Era Merdeka Belajar, S-2 PBI UNS Adakan Seminar Nasional

UNS --- Program studi (Prodi) S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu...

Sekolah Pascasarjana UNS Mengadakan Sosialisasi Kebijakan Akademik bagi Mahasiswa Baru

UNS --- Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan sosialisasi...

Pelamar Pegawai Non-PNS UNS Ikuti Tes Kemampuan Dasar

UNS --- Ratusan pelamar pegawai Non-PNS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti Tes...

Cerita Marcell Menimba Ilmu di Kampus B.J. Habibie, RWTH Aachen University, Jerman

UNS --- Belajar di kampus luar negeri tentu menjadi pengalaman mengesankan bagi mahasiswa....