Search
Close this search box.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Bank DKI

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bank DKI tentang Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Agenda tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang 1 Gedung Dr. Prakosa UNS, Jumat (14/6/2024).

Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan langsung oleh Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. dengan Direktur PT Bank DKI, Herry Djufraini.

Tujuan penandatanganan MoU ini adalah untuk mengaplikasikan dan melaksanakan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan MBKM dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Kesepakatan berlaku untuk jangka waktu lima tahun sejak tanggal ditandatangani.

Selama ini, meskipun belum ada MoU formal antara UNS dengan Bank DKI, namun pihak Bank DKI sudah beberapa kali membantu UNS misalnya dalam sponsorship kegiatan maupun dalam penyaluran beasiswa dari Pemerintah Provinsi DKI kepada mahasiswa-mahasiswa UNS terpilih yang berasal dari DKI.

“Kami sangat berharap kerja sama ini dapat mendukung pengembangan SDM baik di UNS maupun di Bank DKI. Dengan adanya kolaborasi ini, kita bisa saling belajar dan berbagi pengetahuan serta pengalaman untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM yang kita miliki,” tutur Dr. Chatarina dalam sambutannya.

Selain itu, agenda penandatanganan MoU ini merupakan langkah yang dilakukan Bank DKI untuk memberikan layanan perbankan di daerah, serta mengatasi maraknya kasus pinjaman online yang menjerat mahasiswa.

“Selain memberikan pelayanan perbankan, Bank DKI juga berfokus pada pelayanan ekonomi makro dan mikro, serta penyelesaian permasalahan pinjaman online yang saat ini banyak menjerat mahasiswa. Bahkan dari data yang kita punya, mahasiswa yang terjerat pinjaman online nominalnya mencapai 2 hingga 3 triliun atau lebih,” ujar Direktur PT Bank DKI, Herry Djufraini.

Kerja sama dengan Bank DKI ini, juga menjadi bukti nyata atas fokus UNS sebagai perguruan tinggi yang berkontribusi dalam pencapaian sustainable development dan visi Indonesia emas 2045.

Kerja sama dengan industri juga merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi untuk menjaga relevansi antara Dunia Industri dan Dunia Pendidikan (DUDI), serta untuk menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh industri.

Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content