UNS – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Surakarta mengadakan talkshow, sharing dan lomba Sekar Macapat pada Minggu, 21 Mei 2017 bertempat di Solo Grand Mall lantai 2 mulai pukul 10.30 WIB hingga selesai. Serangkaian acara yang dilaksanakan oleh Creative Event Organizer (CEO) Program Studi Ilmu Komunikasi tersebut mengusung tema besar “Aku dan Budayaku”. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kota Solo khususnya anak-anak terhadap kearifan lokal yang ada.

Pada acara talkshow yang bertajuk “Budayaku, Duniaku”, Sruti Respati (pesinden dan penyanyi keroncong) dan Saryanto (seniman tradisional dan pelatih karawitan) hadir sebagai pembicara. Adapun acara sharing dengan tema “Lestarilah Budaya Indonesiaku”, Glenn Ardiansyah (pengusaha boneka berbentuk jajanan pasar dan pendiri Komunitas Rumah Japarr) dan Dhimas Satria (mahasiswa pecinta musik keroncong) diundang pula sebagai pemateri.

Sedangkan Lomba Sekar Macapat diperuntukkan untuk siswa Sekolah Dasar kelas 4-6 se-Solo Raya dan pentas dari mahasiswa maupun penari sanggar yakni musik Angklung yang mendatangkan komunitas Solo Mengajar, Rumah Hebat Indonesia dan Jemari. Untuk pendaftaran talkshow dan sharing dibuka untuk umum dengan biaya Rp 25.000 dan Lomba Sekar Macapat sebesar Rp 35.000 dengan total hadiah Rp 1.500.000. Biaya tersebut sudah termasuk sertifikat untuk seluruh peserta yang berpartisipasi di acara ini. humas-red.uns.ac.id/Dty