UNS – Resimen Mahasiswa atau disingkat Menwa merupakan salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer dari unsur mahasiswa. Selain itu, sebagai komponen cadangan pertahanan negara, Menwa diberi pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, kompas dan sebagainya.

Menwa Batalyon 905 Jagal Abilawa merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di Universitas Sebelas Maret (UKM UNS) Surakarta. UKM ini memiliki semboyan “Widya Castrena Dharma Siddha”, yang berasal dari bahasa Sansekerta. Arti semboyan tersebut adalh “Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”. Ilmu Pengetahuan yang dimaksud adalah segala macam pengetahuan keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. Sedangkan ilmu keprajuritan adalah ilmu yang didapat dalam latihan atau berkegiatan dengan jiwa keperwiraan, keksatriaan serta kepemimpinan.

Kegiatan yang diagendakan dalam UKM ini :

– Pembinaan jasmani

– latihan mountanering

– Donor darah massal

– Lomba lari 11K 

– Pendidikan lanjutan intern

– Pendidikan lanjutan khusus 

– Pelatihan bersama antara menwa se Jawa tengah

Prestasi yang telah dicetak Menwa YON 905 Jagal Abilawa:

– Juara I Lomba Lintas Medan Resimen mahasiswa se Indonesia UNNES tahun  2017 

– Juara II Lomba Lintas Wisata Nasional tahun 2017 di Universitas Hassanudin Makassar

– Juara Lomba Lintas Medan Resimen mahasiswa se Indonesia di internasional untuk. Trunojoyo Madura

– Juara I & II Lomba Napak Tilas dan Bhakti Sosial Resimen mahasiswa Unswagati ke XVIII  se Indonesia tahun 2016

Menwa membuka pendaftaran baru bagi mahasiswa UNS. Bagi yang ingin menjadi bagian dari Menwa 905 Jagal Abilawa, bisa langsung mendaftarkan diri. Formulir pendaftaran  bisa diambil di Markas Komando Menwa 905 Jagal Abilawa di dekat gedung SPMB. Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui Contact Person 082119661785 (Hiskia), 085291807199 (Danang) atau 081297869069 (Riski). humas-uns.ac.id/Isn/Eln