UNS — Sejumlah dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD) FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali melaksanakan sebuah pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Yakni Pelatihan Pembelajaran Digital berbasis Whiteboard Animation untuk Guru PAUD di Surakarta.

Lebih khusus, pelatihan ini menyasar guru PAUD di Gugus 2 Bougenvile Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang terdiri atas TK LKMD Marsudisiwi dan TK Siwi Peni 16.

Adapun, dosen yang tergabung dalam pengabdian ini ialah Novita Eka Nurjanah, M.Pd. (Ketua Tim), Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd., Muhammad Munif Syamsuddin, S.Pd.I., M.A., Nurul Shofiatin Zuhro, S.Pd., M.Pd., dan Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd.

Kepada uns.ac.id, Novita menjelaskan, pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan keterampilan para guru PAUD dalam pembuatan media pembelajaran digital. Hal ini tentu sangat diperlukan untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 dan pembelajaran daring yang masih berlangsung hingga kini.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan olehnya dan tim pada guru PAUD di Surakarta, pembelajaran digital bagi anak usia dini memang memerlukan perhatian khusus. Sebab, rata-rata guru PAUD dalam pembelajaran hanya mengirimkan video yang diunduh dari internet tanpa membuat media pembelajaran digital sendiri.

“Hal ini menyebabkan materi dari video yang disampaikan kepada anak terkadang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dampaknya aspek perkembangan anak tidak terstimulasi secara optimal. Berbagai macam keterampilan anak usia dini untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekelilingnya juga dapat terhambat,” jelasnya, Sabtu (28/8/2021).

Tingkatkan Keterampilan Guru, Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Beri Pelatihan Pembelajaran Digital Berbasis Animasi

Berbicara perihal whiteboard animation, Novita mengatakan bahwa pembelajaran digital ini efektif untuk diterapkan di PAUD. Whiteboard animation merupakan presentasi tentang animasi papan tulis dengan memasukkan berbagai komponen proyek. Seperti teks, gambar, suara, dan animasi bergerak yang sangat menarik perhatian anak serta memudahkan penyampaian materi pembelajaran.

Lebih khusus, aplikasi yang digunakan dalam pembuatan pembelajaran berbasis whiteboard animation ini ialah Explee. Yakni aplikasi yang memungkinkan penggunanya menghasilkan sebuah video animasi dengan teknik memasukkan tulisan, gambar-gambar, dan audio. Baik itu mengimpor dari komputer atau perangkat sendiri, maupun menggunakan yang telah disediakan oleh aplikasi.

Tingkatkan Keterampilan Guru, Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Beri Pelatihan Pembelajaran Digital Berbasis Animasi

“Explee akan menuntun guru untuk membuat materi pembelajaran sesuai keinginan tanpa harus mempunyai keahlian lebih dalam bidang teknologi. Di sini guru hanya memerlukan ide dan kreativitas untuk membentuk cerita dan alur dalam video pembelajaran tersebut,” tutur Novita.

Ada lima tahapan dalam pelatihan yang seluruhnya dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings dan grup WhatsApp. Pertama, pemberian materi pembelajaran digital berbasis whiteboard animation pada 13-14 Agustus 2021 lalu. Kedua, workshop cara pembuatan pembelajaran digital berbasis whiteboard animation.

Ketiga, simulasi dalam kelompok kecil yang didampingi oleh tim pengabdi untuk membuat pembelajaran digital berbasis whiteboard animation. Keempat, penerapan dalam pembelajaran kepada anak-anak secara daring disesuaikan dengan tema yang sedang berjalan. Kelima, evaluasi dan tindak lanjut yang terlaksana pada 27 Agustus 2021 kemarin.

“Respons mitra sangat positif atas kegiatan ini. Para peserta sudah berhasil membuat whiteboard animation dengan inovatif setelah mendapatkan pelatihan ini,” terang Novita. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...