Mahasiswa Sastra Daerah Sabet Juara 1 Lomba Karaoke Nasional

UNS – Ira Kusuma mahasiswa program Studi Sastra Daerah untuk Sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB UNS) Surakarta berhasil menyabet juara satu dalam lomba karaoke lagu daerah tingkat nasional di Denpasar, Bali (20-24/4/2018).

Mahasiswi semester dua yang akrab disapa Ira ini berhasil mengalahkan 16 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti UI, UNHAS, USU, dan UNM. Dalam kompetisi ini Ira memilih untuk membawakan lagu daerah yang berjudul Stasiun Balapan

“Aku memilih lagu Stasiun Balapan karena mewakili kota Solo,” ungkap Ira.

Sebelum berangkat ke Denpasar, Ira melakukan beberapa persiapan. Ira mengaku melakukan latihan setiap hari sejak awal bulan April. Ira menyatakan pihak program studi Sastra Daerah selalu memantau persiapanya.

“Tiap hari latihan, karena aku juga ikut lomba nari. Tiap hari latihan didampingi ketua HMP, nah dosen mantaunya lewat ketua HMP,” terang Ira.

Dalam sebuah kompetisi tentu ada pengalaman unik yang tak terlupakan, begitu juga dengan Ira. Ira mengaku mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan ketika berada di atas panggung. Yakni dikarenakan microphone yang mati sehingga Ira harus mengulang bernyanyi dari awal.

“Pas mau manggung, peserta sebelumku setelah selesai nyanyi langsung ngasih mic-nya ke aku. Aku ngga tahu kalau sama dia itu mic nya dimatiin. Lah terus pas aku mau nyanyi mic-nya mati, jadi balik lagi dari musik awal,” ungkapnya.

Selain itu, hal yang tak kalah seru dari kompetisi ini menurut Ira adalah bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia.

“Seru ketemu temen-temen kan dari berbagai daerah Indonesia jadi kalau ngobrol logatnya beda-beda. Jadi kadang susah ngerti waktu ngobrol,” ungkapnya. humas-red.uns/Ref/Isn

By | 2018-05-01T16:56:45+00:00 28 April 2018|Categories: Mahasiswa UNS|