Berita Terkini

Rekam Prestasi Mahasiswa: UNS Luncurkan sipsmart.uns.ac.id

By 1 May 2018 May 4th, 2018 One Comment

UNS – Senin, 30/04/2018 bertempat di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Rektor, Ravik Karsidi telah meluncurkan Sistem Informasi Prestasi Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret  disingkat SIPSMART dengan alamat https://sipsmart.uns.ac.id/. Peluncuran https://sipsmart.uns.ac.id/ didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Darsono dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik,  Eko Pujiyanto sebagai PIC.

Rektor UNS, Ravik Karsidi luncurkan sipsmart.uns.ac.id sebagai sistem perekaman kegiatan softskill dan prestasi mahasiswa.

Sistem tersebut dibangun, bertolak dari komitmen UNS guna mendukung mahasiswa untuk berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dengan sebaik-baiknya. Dalam beberapa tahun terakhir prestasi mahasiswa khususnya non akademik sangat terlihat baik di level internasional maupun nasional. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhinya, pengelolaan bidang kemahasiswaan tentu saja tidak dapat dilepaskan dari faktor kunci dalam peningkatan prestasi mahasiswa. Hingga tahun 2017-2018 Universitas Sebelas Maret mampu meraih kejuaraan di tingkat Internasional sebanyak 14 event dan 56 event di tingkat nasional.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan upaya meningkatkan pengelolaan prestasi kemahasiswaan baik dari sisi administrasi, kuantitas, dan kualitasnya. Dalam rangka peningkatan administrasi prestasi mahasiswa Bidang Kemahasiswaan telah menyelesaikan konsep dan aplikasi pendataan prestasi mahasiswa UNS yang terintegrasi dengan Sistem Akademik (SIAKAD) dan Single Sign On (SSO). Sistem ini diharapkan mampu mewujudkan data terintegrasi di Bidang Kemahasiswaan dan bersinergi dengan data-data lain di UNS. Sistem ini melibatkan mahasiswa, dosen dan bidang kemahasiswaan, dengan tujuan menjadi sistem kontrol yang dapat berjalan berkesinambungan antar unit, sehingga menjadi ruh pengelolaan prestasi mahasiswa di UNS. Sistem ini diberi nama Sistem Informasi Prestasi Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret  disingkat SIPSMART dengan alamat sipsmart.uns.ac.id.

Sipsmart ini diharapkan dapat memberikan perbaikan administrasi di Bidang Kemahasiswaan khususnya prestasi mahasiswa, selain itu dapat memicu mahasiswa untuk berkarya, berorganisasi, bergerak dalam kegiatan kemahasiswaan sehingga kemampuan soft skill mahasiswa dapat diukur batas minimal yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Rektor UNS, Ravik Karsidi luncurkan sipsmart.uns.ac.id sebagai sistem perekaman kegiatan softskill dan prestasi mahasiswa.

Rektor UNS, Ravik Karsidi luncurkan sipsmart.uns.ac.id sebagai sistem perekaman kegiatan softskill dan prestasi mahasiswa.

Tentu saja halangan dalam implementasi sistem ini selalu ada, sistem yang sudah selesai dikerjakan masih memerlukan semangat juang sehingga tercipta sistem yang mature dan sempurna di masa depan. Semua civitas akademika UNS merupakan kunci keberhasilan implementasi sistem ini, oleh karena itu perlu adanya perubahan pola pikir baik dari sisi mahasiswa, staff kemahasiswaan, dosen PA maupun seluruh jajaran pimpinan di Fakultas dan Universitas. humas.red-uns/Ang/Isn

One Comment

Leave a Reply