Membanggakan! UKM Wiswakarman Menang Kompetisi Karawitan Internasional

UNS – Indonesia terkenal di mata dunia dengan seni dan budayanya, salah satunya adalah seni karawitan yang berasal dari Jawa Tengah. Kesenian ini menjadi salah satu warisan kebudayaan yang sarat akan nilai historis dan filosofis. Perpaduan antara alunan musik gamelan dan vokal menjadikan karawitan tidak pernah lekang ditelan zaman.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, karawitan perlu mendapatkan perhatian lebih agar tidak hilang eksistensinya. Oleh karenanya, selain menjadi materi ajar di sebagian sekolah dan universitas, karawitan juga dikompetisikan baik dalam taraf nasional maupun internasional.

Baru-baru ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wiswakarman Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjuarai perlombaan karawitan tingkat internasional. UKM Wiswakarman berhasil keluar menjadi juara pertama pada Panen International Karawitan Competition 2018 yang diselenggarakan dari Selasa (31/7/2018) hingga Rabu (1/9/2018) di desa Senden, Selo, Boyolali.

Walaupun dengan jangka waktu latihan yang singkat, tim Karawitan Wiswakarman dapat menunjukan performa yang maksimal dan mengungguli tim-tim yang lain.

“Kami latihan setiap hari, kira-kira cuma sebulan,” kata Septia, salah satu sinden tim Wiswakarman.

Selain itu, yang menarik, tim Wiswakarman baru pertama kali mengikuti event ini yang merupakan salah satu kompetisi bergengsi tahunan.

“Wiswakarman baru pertama kali ikut kompetisi itu, eh langsung juara satu. Itu kompetisi yang bergengsi di kalangan universitas negeri non seni,” cerita mahasiswa Program Studi S1 Sastra Daerah ini dengan penuh bahagia.

Pada kompetisi tersebut, tim Wiswakarman berhasil mengungguli enam tim lain yaitu Bharada Universitas Negeri Surabaya (UNESA), BKKT UNS, Kamasetra Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), UKSW Salatiga, Unitantri Universitas Brawijaya (UB), dan Kahijaw Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tim Wiswakarman mendapatkan poin total 279 unggul 18 poin dari Runner-Up Bharada UNESA yang mendapatkan total poin 261 dan 20 poin dari juara ketiga Unitantri UB yang mendapatkan total poin 260.

UKM Wiswakarman merupakan UKM yang berfokus pada pembinaan mahasiswa dalam berbagai kesenian Jawa. Di dalamnya para mahasiswa dilatih untuk dapat menguasai berbagai model kesenian seperti ketoprak dan karawitan. UKM ini berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS atau biasa disebut UKM Fakultas.

Prestasi yang diraih oleh UKM Wiswakarman ini memperkuat posisi UNS sebagai universitas yang menjunjung kebudayaan Indonesia, khususnya yang ada di tanah Jawa.

“Wiswakarman sebagai UKM yang komitmen melestarikan dan mengembangkan seni tradisi Indonesia sangat sejalan dengan visi dan misi UNS yaitu menjadikan UNS sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan budaya nasional. Apalagi Wiswakarman banyak menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, tidak perlu diragukan lagi kontribusi UKM ini sebagai pendukung terhadap UNS mendunia via pengembangan seni Jawa,” papar Supardjo selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB.

Pada 2017 lalu UKM Wiswakarman juga meraih prestasi yang gemilang di tingkat internasional yaitu berhasil menjadi juara satu dalam Pertandingan Seni Tari Peringkat Insititusi Pengajian Tinggi di Universiti Utara Malaysia. Humas.red-uns/Imr/Isn

By | 2018-08-07T10:22:15+00:00 07 August 2018|Categories: Mahasiswa UNS|