Optimalkan Aktivitas Belajar Warga Nusakdale, Mahasiswa KKN UNS Bangun Panel Surya dan Perpustakaan

UNS – Universitas sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan 20 mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Desa Nusakdale, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan KKN tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 13 juli hingga 21 Agustus 2018.

Beberapa program kerjapun diusung diantaranya yaitu semarak kemerdekaan, Nusakdale Night Festival, penyuluhan NAPZA bersama BNN Rote Ndao, pengolahan pangan, pengolahan pupuk, Rote Berkreasi, Rote Cinta Tanah Air, Surat Cinta untuk Indonesia, dan Sosialisasi Hemat Energi.

Selain itu, kelompok KKN ini memiliki program kerja unggulan yaitu pemasangan panel Surya dan Librairie d’Habibie (perpustakaan desa).

Ikhwan Tamtomi, mahasiswa Ilmu Hukum semester 7 yang bertugas sebagai koordinator kelompok KKN Nusakdale menyampaikan bahwa daerah Nusakdale belum memiliki jaringan listrik sama sekali sehingga tidak memungkinkan aktivitas belajar di malam hari, jumlah anak putus sekolah relatif tinggi, banyak anak yang sekolah tidak sesuai umur, dan sangat terbatasnya jaringan di Nusakdale. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi program kerja utama yang dilaksanakan oleh kelompok KKN ini.

“Kami membuat program panel surya untuk penerangan di malam hari sehingga anak-anak bisa belajar di perpustakaan yang sudah kami bangun. Perpustakaan itu sebagai mencari referensi dan informasi serta tempat belajar bagi masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan dibangunnya perpustakaan dan panel Surya, diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca dan menulis warga Nusakdale secara optimal dimalam hari,” jelas Ikhwan.

Program kerja kelompok KKN ini disambut baik oleh warga meskipun terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaanya seperti sulitnya mobilitas dan terbatasnya komunikasi.  Pada akhirnya mereka mampu bersinergi dengan masyarakat desa untuk menyukseskan program ini. humas-red.uns/Ath/Dty

By | 2018-09-06T12:00:46+00:00 01 September 2018|Categories: Mahasiswa UNS|