Davi dan Gading Terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi UNS 2023

Davi dan Gading Terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi UNS 2023

UNS – Mahdaviqia Dharmawan dan Gading Nasywaa Aji Azzahra terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2023. Mahdaviqia terpilih menjadi Mawapres Program Sarjana dan Gading Nasywaa terpilih menjadi Mawapres Program Diploma. Hal tersebut diumumkan dalam Penganugerahan Mawapres UNS 2023 yang berlangsung di UNS Inn, Senin (10/4/2023).

Mahdaviqia Dharmawan merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) sementara Gading Nasywaa Aji Azzahra merupakan mahasiswa Prodi D-4 Kebidanan UNS. Sebelumnya, para finalis Mahasiswa Berprestasi UNS telah menjalani berbagai rangkaian seleksi yang ketat sejak awal April 2023 ini.

Turut hadir pula Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus dan Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si. DEA.

Dalam sambutannya, Ketua Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) UNS, Iksan Riva Nanda mengatakan bahwa rencananya, Pilmapres ini akan digelar Mei mendatang. Namun, karena ada beberapa perubahan jadwal di pusat sehingga pelaksanaan seleksi di universitas pun dimajukan.

“Hari ini akan diumumkan siapa juaranya. Semuanya pasti mendapat juara, tetapi karena ini kompetisi, hanya akan dipilih satu dari jenjang sarjana dan diploma untuk mewakili UNS di tingkat regional. Semoga, teman-teman bisa menjadi teladan untuk mahasiswa di luar sana untuk berprestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Prof. Ahmad Yunus berpesan agar karya inovasi yang diajukan dalam Pilmapres ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan.

“Tidak perlu dipikir oh saya kalah, saya menang, tapi berpikirlah bahwa adik-adik di sini telah melahirkan karya inovasi yang saya yakin akan bermanfaat untuk bangsa. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh finalis Mawapres UNS yang sudah melalui berbagai rangkaian seleksi. Semoga, wakil UNS bisa mendapat juara di regional maupun nasional,” ujarnya.

Saat diwawancarai oleh uns.ac.id, Mahdaviqia Dharmawan atau yang akrab disapa Davi mengaku bangga dapat terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi UNS.

“Sebenarnya tidak menyangka, tapi di sisi lain berharap juga karena saya sudah berusaha memberikan yang terbaik dan maksimal di Pilmapres UNS ini. Semoga saya dan Gading bisa memberikan yang terbaik di Pilmapres tingkat regional dan semoga bisa lolos dan meraih juara di nasional,” ujarnya usai penganugerahan.

Dalam Pilmapres UNS, Davi mengusung gagasan kreatif berupa inovasi di bidang pertanian, yaitu sensor soil station dan drone NDVI untuk mendeketsi penyakit tular tanah. Inovasi ini membuat petani tidak perlu repot untuk menggali tanah karena hanya dengan melihat di aplikasi yang terhubung dengan sensor, petani dapat mengetahui di mana persebaran penyakit tanaman tersebut. HUMAS UNS

Skip to content