FP UNS Gelar Pengabdian Masyarakat di Karanganyar

UNS –  Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang bertempat di Kelurahan Gedong, Kecamatan Karanganyar pada Sabtu (16/3/2019).  Pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis UNS ke-43 ini mengambil tema “Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya Hutan untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo”.
Dekan FP UNS, Prof Bambang Pujiasmanto mengatakan, tema ini dipilih berdasarkan pemikiran mengenai potensi dan peran penting KHDTK Gunung Bromo dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pemilihan lokasi pengabdian pada tahun ini didasarkan pada pertimbangan adanya kewajiban UNS secara penuh untuk melakukan pengelolaan secara menyeluruh di KHDTK. Selain pengembangan potensi biofisik, hal yang menjadi perhatian khusus di kawasan ini adalah dari sektor ekowisata. Apabila kedepannya KHDTK Gunung Bromo dapat berkembang menjadi kawasan ekowisata maka tidak hanya akan meningkatkan nilai tambah kawasan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini meskipun hanya dilaksanakan dalam waktu 1 hari, akan tetapi diharapkan menjadi tahap awal yang baik dalam mendekatkan pihak kampus dan masyarakat. Sehingga kedepan diharapkan ada kerjasama yang terjalin terus menerus untuk kemajuan pengelolaan KHDTK Gunung Bromo.
Acara pengabdian masyarakat ini akan dihadiri oleh jajaran Dekanat FP, Ketua UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan KHDTK Gunung Bromo, perwakilan setiap Fakultas di UNS, Camat Kecamatan Karanganyar, serta Lurah Kelurahan Gedong dan Delingan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan diikuti oleh masyarakat kelurahan Gedong dan Delingan, dengan acara yang terdiri dari beberapa sub kegiatan, meliputi Forum Group Discussion (FGD) bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), penyuluhan budidaya lebah madu, penyuluhan tanaman buah dan sayuran, lomba masak, layanan kesehatan gratis, pemberian bibit tanaman buah dan kayu, pembagian sembako dan lomba mewarnai bagi anak-anak TK. “Untuk petani hutan yang tergabung dalam LMDH ini kami melibatkan 100 orang, kemudian kami juga melibatkan ibu-ibu PKK untuk lomba masak serta lomba mewarnai untuk anak-anak. Dan kami juga membagikan 150 paket Sembako untuk warga tidak mampu serta ada pengobatan gratis,” ujar Bambang.
Rangkaian kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerjasama antara FP UNS dengan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian UNS (Ikatani), PT Cargill Indonesia, PT Taman Wisata Candi BPRB, dan BPDASHL Solo.
“Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah masyarakat memiliki bekal dan wawasan untuk mengembangkan ide bisnis baru yang potensial dikembangkan, melalui FGD bersama LMDH diharapkan diperoleh sebuah awalan dalam menentukan arah pengembangan potensi wisata KHDTK Gunung Bromo, dan melalui kegiatan bakti sosial akan terjalin hubungan baik antara pihak UNS dengan masyarakat,” pungkas Bambang. Humas UNS
By | 2019-03-16T09:26:47+07:00 16 March 2019|Categories: Berita Terkini|