Berita Terkini

IKA UNS Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir

By 11 January 2020 No Comments

UNS – Sebagai bentuk kepedulian, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Surakarta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir yang terjadi 1 Januari 2020 kemarin.

Penyaluran bantuan dalam kegiatan “Alumni UNS Peduli Banjir” ini diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (11/1/2020).

Bantuan ini berupa makanan pokok, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini juga menggandeng UNS yang menerjunkan TIM SAR UNS untuk diterjunkan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.
Penyaluran bantuan kemanusiaan ini sudah menjadi agenda rutin IKA UNS. Tahun 2016 dan 2018, IKA UNS juga menyalurkan bantuan di sejumlah titik berdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Bantuan serupa juga diberikan saat terjadi musibah gempa bumi di Lombok dan Palu.

“Kami berharap bantuan ini bisa membantu meringankan penderitaan masyarakat,” kata Budi Harto, Ketua Umum IKA UNS.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof.Jamal Wiwoho dalam sambutan pelepasan rombongan bantuan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni dan UNS. “Kami mengirim tim terbaik. Semoga membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” kata Prof. Jamal.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS sekaligus Ketua Tim SAR UNS, Prof.
Kuncoro Diharjo menambahkan, Tim SAR UNS ini didampingi satu dokter, satu bidan, dan tiga perawat. “Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar dan dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok,” kata Prof. Kuncoro.

Tim ini akan melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama 10 hari. Sementara Ketua Alumni UNS Peduli Banjir, Heri Sosiawan menambahkan, masyarakat yang menerima bantuan di Kabupaten Bekasi meliputi Kecamatan Sukawangi dan Tambun Utara. Bantuan di Kecamatan Sukawangi dipusatkan di Desa Sukamekar. Sedangkan bantuan di Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur.

“Kita fokus di dua desa yang terparah,” papar Heri.

Adapun bantuan untuk di Lebak, diberikan kepada masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Sajira ditambah satu desa di Kecamatan Cimarga. “Kami juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Cimarga yang berdampingan dengan desa di Kecamatan Sajira,” tambah Heri.

Bantuan kebutuhan pokok sebanyak 1.800 paket ini berasal dari alumni UNS yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, diberikan pula makanan bayi, obat-obatan, alat memasak seperti kompor dan tabung, hingga perlengkapan mandi dan cuci. Humas UNS

Leave a Reply