Indonesian Survey of Student Learning Activities Bagi Mahasiswa S-1 Angkatan 2013 dan 2015

dd

Dalam rangka mengukur keterlibatan aktif mahasiswa tahun pertama dan terakhir yakni angkatan 2013 dan 2015, USAID bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Universitas Gadjah Mada menggelar Indonesian Survey of Student Learning Activities (ISSLA) 2016/2017. ISSLA dimaksudkan untuk mengetahui praktik pembelajaran di perguruan tinggi berdasarkan perspektif dan pengalaman mahasiswa yang hasilnya diharapkan dapat mencerminkan praktik dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia. Survei ISSLA akan menanyakan kepada mahasiswa tentang sejauh mana mereka mengalami terlibat secara aktif pada pembelajaran mereka di dalam dan di luar kelas.

Kegiatan survei yang akan diselenggarakan rutin setiap tahun ini ditujukan untuk mahasiswa program studi S-1 tahun pertama (setelah dua semester) dan tahun akhir (setelah 7 semester). Mahasiswa tahun pertama dipilih untuk membaca proyeksi ke depan keterlibatan aktif dalam pembelajaran sedangkan mahasiswa di tahun keempat atau terakhir, survei ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa telah secara aktif memanfaatkan waktunya dan melibatkan dirinya dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran.

survei-issla-2016-2017

Survei yang dapat dilakukan secara online di surveyissla.ugm.id ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 – 20 menit untuk mengukur 10 indikator keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan tinggi. Setelah analisis data selesai dilakukan, hasil survei akan disampaikan kepada masing-masing perguruan tinggi terkait sebagai bahan kajian. Meskipun survei ini sepenuhnya bersifat sukarela, para mahasiswa yang sedang berada pada angkatan tersebut dimohon untuk berpartisipasi karena hasil survei tidak hanya bermanfaat sebagai masukan bagi upaya peningkatan dan perbaikan pada masing-masing perguruan tinggi yang disurvei, melainkan juga menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi pengembangan kebijakan pendidikan tinggi di tingkat nasional.[](denty.red.uns.ac.id)

Skip to content