Berita Terkini

Kethoprak Ismayasuddha Turut Ramaikan Dies Natalis UNS ke-43

By 24 March 2019 No Comments

UNS – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-43, Universitas Sebelas maret (UNS) Surakarta menggelar pementasan Kethoprak Ismayasuddha. Kethoprak dengan mengangkat lakon “Bhayangkara Majapahit” ini bertempat di Gedung G. P. H Haryo Mataram, Jumat (22/3/2019) malam.

Lakon “Bhayangkara Majapahit” mengisahkan jaman keemasan Majapahit pada masa Prabu Hayam Wuruk dan Patih Gadjah Mada yang kerap menghadapi pembelotan dari beberapa daerah. Terlebih saat Sumpah Palapa Gadjah Mada, yang ingin mempersatukan seluruh wilayah nusantara diucapkan. Ambisi besar untuk menguasai daerah-daerah yang belum masuk dibawah pemerintahan Majapahit terganjal oleh beberapa daerah yang merasa sudah mapan dan makmur tanpa harus tunduk pada Majapahit. Sehingga Hayam Wuruk memerintahkan Patih Gadjah Mada untuk meyelesaikan perseolan tersebut. Hayam Wuruk berpesan  semua persoalan diselesaikan dengan cara tanpa kekesaran/peperangan.

Pementasan kethoprak pada tahun ini terasa spesial karena Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi turut menjadi salah satu pemeran kethoprak dengan memerankan tokoh Hayam Wuruk. Hayam Wuruk yang diperankan oleh Ravik merupakan raja keempat dari Kerajaan Majapahit. Hayam Wuruk adalah raja keempat Kerajaan Majapahit yang memerintah pada tahun 1350-1389, bergelar Maharaja Sri Rajasanagara. Selain itu, pementasan kethoprak ini disutradarai  Budi ‘bodhot’ Riyanto dan didukung oleh Tim Kreatif dari Javanologi UNS.

Selain Ravik, beberapa pimpinan universitas dan fakultas turut terlibat dalam pementasan kethoprak “Bhayangkara Majapahit” ini. Diantaranya Prof Sahid Teguh Widodo sebagai Gadjah Mada, Prof Suntoro sebagai Gupala Sabda, Prof Diah Kristina sebagai Tribuhana Tunggadewi, dan Drs. Bambang Tri Wahyudi sebagai Tunggul Satya.

“Lamun huwis kalah nusantara, insun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring serdang, tanjung pura, ring hayu, ring pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana insun amukti palapa,” ucap Sahid dengan lantang membacakan Sumpah Amukti Palapa yang pernah diucapkan oleh Patih Gajah Mada.

Dalam pementasan kethoprak ini, sejumlah  tamu undangan turut hadir, diantaranya Wakil Walikota Surakarta, Dr. H. Achmad Purnomo, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto,  serta perwakilan dari keluarga besar dari Keraton Kasunanan Surakarta.  Humas UNS/ Yefta

Leave a Reply