Berita Terkini

Tumbuhkan Minat Berprestasi, Imapres UNS  Adakan Talkshow Inspiratif

By 21 March 2019 No Comments

UNS – Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan semangat dan minat berprestasi sekaligus sebagai salah satu rangkaian dari peyelenggaraan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) UNS 2019, Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) UNS berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS 2019 mengadakan acara Talkshow Inspiratif dan Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi  (Mawapres) UNS di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS, Selasa, (19/3/2019).

Talkshow Inspiratif tersebut menghadirkan Ratih Rachmatika, mahasiswa berprestasi utama UNS 2018 yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro. Ia menyampaikan materi tentang bagaimana cara menemukan masalah dan brainstorming ide. Selain itu, juga mengundang Angelo Abil Wijaya, mahasiswa berprestasi utama UGM sekaligus Juara 3 Mawapres Nasional yang merupakan mahasiswa Hubungan Internasional, Ia menyampaikan materi tentang semangat untuk berprestasi, menceritakan perjalanan prestasinya selama di kampus dan upayanya untuk menjadi mahasiswa beprestasi UGM.   Selain itu, hadir pula Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK.,Ph.D yang menyampaikan materi kriteria-kriteria apa saja yang dinilai saat Pilmapres Nasional dari sudut pandang dewan juri.

Acara talkshow tersebut diakhiri dengan pengumuman sekaligus penganugerahan juara Mawapres UNS 2019. Penganugerahan juara Mawapres secara umum untuk pertama kalinya diselenggarakan di UNS dan disambut baik oleh elemen mahasiswa, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir mencapai 300 peserta. Prof Darsono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS turut menyambut baik acara tersebut.

“Mahasiswa UNS harus siap dan bisa berprestasi. Saya berharap, acara ini bisa menjadi tonggak semangat, pacuan untuk berani berprestasi bagi mahasiswa UNS,” ujar Darsono dalam sambutannya.

Menurut Kepala Biro dan Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Rohman Agus Pratomo, penyelenggaraan seleksi Pilmapres tahun ini mengalami peningkatan animo pendaftar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, proses seleksi juga semakin ketat dengan berbagai tahapan. Apalagi di tahun ini pengumuman dibuat meriah bersamaan dengan Talkshow Inspiratif sehingga harapannya dapat menjadi awal yang baik untuk penyelenggaraan Pilmapres kedepannya.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi di fakultas, sebanyak 12 Mawapres dari program Diploma Fakultas dan 19 Mawapres dari program Sarjana Fakultas terpilih untuk berlaga di tingkat universitas. Adapun juara Mawapres Utama UNS dari program Sarjana adalah Aiman Hilmi Asaduddin, program studi Pendidikan Dokter 2017 dengan karyanya, “TAKI (Telur Ayam Kaya Immunoglobin) sebagai Immunomodulator dan Anti Bakteri Inovasi Produk Peternakan untuk Mengatasi Penyakit Infeksi pada Anak. Sedangkan, juara Mawapres Utama program Diploma diraih oleh Ruby Agil Hasan, program studi D3 Agribisnis minat Agrofarmaka dengan karyanya, “OLISWEL: Herbs Candy from Extract Euphorbia Hirta, Extract Zingiber Officineble and Honey as an Alternative Healing Therapy for Dengue Sufferess”. HUMAS UNS/ISNA

Leave a Reply