Berita Terkini

Ketua MK Hadiri Seminar Nasional Magister Hukum UNS

By 4 September 2019 No Comments

UNS – Program Studi (Prodi) Magister Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Seminar Nasional dan Call for Papers bertajuk “Pembangunan Hukum Berkarakter Pancasila Dalam Rangka Globalisasi Ekonomi di Era Industri 4.0” pada Sabtu (31/8/2019) bertempat di Ballroom Hotel Allana.

Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi yang merupakan Dekan FH UNS menyebut bahwa dalam seminar nasional ini diharapkan agar para peserta dapat memahami bahwa di era globalisasi ini hukum harus menjadi landasan yang kuat agar Indonesia mampu memasuki masa revolusi industri 4.0 dengan baik.

“Kita harus memahami hubungan hukum antara penerapan Pancasila dan perkembangan revolusi industri 4.0,” ujar Prof. I Gusti Ayu di sela-sela acara.

Prof. I Gusti Ayu juga menyampaikan hal-hal penting yang patut dicatat dalam seminar nasional kali ini. Diantaranya mengetahui perkembangan ekonomi Indonesia di era revolusi industri 4.0 dan memahami hukum berkatakter Pancasila untuk mengendalikan globalisasi di revolusi industri 4.0.

Seminar nasional kali ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus. Prof. Yunus dalam sambutannya mengatakan bahwa pengaruh globalisasi dan revolusi industri 4.0 semakin nyata dirasakan masyarakat. Sehingga ia meminta agar pemerintah Indonesia dapat menyusun aturan yang dapat mengawal masuknya Indonesia menuju revolusi industri 4.0.

“Globalisasi dan revolusi industri 4.0 semakin nyata kita rasakan,” terang Prof. Ahmad Yunus.

Prof. Ahmad Yunus menambahkan bahwa membangun hukum berarti kita juga harus membangun tatanan hukum, baik hukum tertulis atau tidak tertulis. Hal tersebut pada akhirnya akan membentuk sistem hukum yang bulat di suatu negara tertentu.

Untuk dapat memaparkan bagaimana peran hukum dalam membangun karakter Pancasila menuju globalisasi ekonomi di era revolusi industri 4.0, beberapa pembicara utama turut dihadirkan.

Seperti Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, Guru Besar Ilmu Hukum Agraria Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Sudjito, serta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono.

Selain itu, Dekan FH UNS periode 2015-2019, Prof. Supanto dan Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Hukum Dr. Moh. Jamin juga terlihat menghadiri seminar nasional ini. Humas UNS/ Yefta

Leave a Reply