Search
Close this search box.

Mahasiswa D3 Manajemen Bisnis UNS Selenggarakan Exsum Fair Vol.2 dan B-Fest 2024

UNS— Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Manajemen Bisnis Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta angkatan 2022 berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa D3 Manajemen Bisnis selenggarakan Exsum Fair Vol.2 dan B-Fest 2024. Agenda tersebut diisi oleh beberapa rangkaian acara seperti, seminar nasional, bisnis expo, lomba nasional, dan pertunjukan mahasiswa. Puncak acara diselenggarakan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Senin (10/6/2024).

Puncak acara diadakan bersamaan dengan bisnis expo dari mahasiswa Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi D3 Manajemen Bisnis SV UNS dan seminar bisnis nasional bertema “Bridging MSME’s into The Digital Era” yang menghadirkan narasumber ternama seperti, Wahyu Liz Adaideaja, Owner of Adaideaja Tbk. dan Danang Giri Sadewa, Content Creator dan Founder of Moro Studio.

Turut hadir dalam rangkaian Seminar Nasional ini, Plt. Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. Beliau ikut bangga dengan inovasi-inovasi wirausaha yang dikembangkan para mahasiswa dan berharap melalui kegiatan ini mahasiswa lebih bersemangat untuk bisa melanjutkan inovasinya ke pasar yang lebih luas.

“Harapan kami, adik-adik mahasiswa dapat men-deliver inovasi bisnis yang telah dikembangkan ke pasar yang lebih luas. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, banyak mahasiswa yang juga terinspirasi dan bersemangat untuk membangun wirausaha atau bisnisnya sendiri,” tutur Prof. Kuncoro dalam sambutan pembuka agenda seminar nasional.

Kepala Program Studi D3 Manajemen Bisnis SV UNS, Yeni Fajariyanti, S.E., M.Si. menyampaikan kebanggaan tersendiri atas keberhasilan agenda Exsum Fair Vol.2 dan B-Fest 2024 yang diasosiasikan oleh 17 kelompok Hibah MBKM Mahasiswa semester 4 Prodi D3 Manajemen Bisnis.

“Ini merupakan rangkaian yang diawali dengan kegiatan dari anak-anak mahasiswa semester 4 yang menjalani Hibah MBKM bersama kemitraan UMKM yang ada di Solo Raya. Rangkaian acara ini merupakan langkah pengenalan dan penciptaan wirausaha muda dari D3 Manajemen Bisnis. Besar harapan kami dari rekan-rekan audience dapat mengikuti rangkaian acara hingga selesai dan tidak ada halangan,” ujar Yeni.

Agus Dwi Priyanto, S.S., M.CALL., Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan SV UNS yang juga hadir dalam rangkaian seminar nasional Exsum Fair Vol.2 dan B-Fest 2024 mengutarakan harapan yang besar kepada mahasiswa, agar ide-ide bisnis yang dimiliki tidak hanya ditorehkan pada proposal atau dokumen rencana bisnis saja, tetapi dapat dilanjutkan dan dikembangkan menjadi nyata.

“Teman-teman yang bisnis model canvasnya masuk final, semoga bisnisnya benar-benar dapat berkembang dan berjalan. Semoga ada investor yang mau bekerja sama dengan Anda. Silahkan dikembangkan dan semoga itu juga dapat bermanfaat positif, tidak hanya untuk kompetisi ini tetapi juga karir Anda kedepannya,” jelas Agus dalam sambutannya untuk membakar semangat mahasiswa yang hadir di Auditorium.

Ke-17 tim Hibah MBKM D3 Manajemen Bisnis SV UNS ikut memamerkan inovasi bisnisnya dalam kegiatan ini. Ide bisnis yang dikembangkan mahasiswa sangat beragam, mulai dari usaha makanan sehat hingga aplikasi penunjang kebutuhan sehari-hari.

Agenda seminar bisnis nasional yang diselenggarakan dalam rangka Exsum Fair Vol.2 x B-Fest 2024 mendapat antusiasme yang tinggi dari mahasiswa, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir hingga akhir.

Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content