Mahasiswa FKOR UNS Jadi Juara Dunia Pencak Silat 2022

Mahasiswa FKOR UNS Jadi Juara Dunia Pencak Silat 2022

UNS — Khoirudin Mustakim, mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjadi juara dunia Pencak Silat tahun 2022. Hasil tersebut dia peroleh setelah menumbangkan wakil-wakil dari negara lain pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-19 yang berlangsung di Melaka, Malaysia pada akhir Juli kemarin.

Mustakin turun di kelas 45-50 kg. Dia menghadapi lawan dari berbagai negara. Pada laga final, Mustakim bertemu dengan wakil tuan rumah, Aizad Akbar. Mustakim mengandaskan Aizad dengan skor telak 49-17.

Pesilat asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tersebut mengaku senang dengan hasil yang diraihnya dalam ajang ini. Menurut Mustakim, hasil tersebut sudah sesuai dengan prediksi dan target pribadi.

“Perasaan sangat senang Alhamdulillah masih diberikan kemenangan dan keselamatan tentunya. Sesuai prediksi dan keinginan saya juga di kejuaraan kemarin mendapatkan hasil maksimal,” ujar Mustakim pada Minggu (21/8/2022).

Persiapan Mustakim selama dua bulan terbayar tuntas dengan hasil tersebut. Selama dua bulan persiapan, banyak hal yang Mustakim lakukan. Mahasiswa FKOR angkatan 2018 tersebut mengatakan bahwa dia mempersiapkan teknik, strategi, sekaligus fisik untuk menghadapi lawan dari negara-negara lain.

“Fisik harus prima. Saya harus menjaga kondisi fisik agar tetap bugar di titik performa kemarin. Saya juga berlatih mengantisipasi serangan-serangan lawan,” imbuhnya.

Dengan fisik prima, Mustakim dapat menampilkan performa terbaiknya meski waktu pertandingan berlangsung hingga larut malam. Dia mengatakan bahwa waktu pertandingan tersebut di luar prediksi dirinya dan tim, tetapi pertandingan yang sampai malam tidak membuat performanya menurun sama sekali.

“Cuma kemarin kendalanya di pertandingan sampai larut malam. Saya sendiri waktu tanding sampai jam 11 malam. Tapi semua sudah diantisipasi sehingga tidak mempengaruhi performa,” jelasnya.

Usai menyabet gelar juara dunia, Mustakim kini sedang bersiap untuk mengikuti Sea Games 2023 di Kamboja. Dia mengungkapkan ingin mempersiapkan dengan sungguh-sungguh dan ingin merebut medali emas di ajang tersebut.

“Saat ini mempersiapkan Sea Games, Kamboja di bulan Maret tahun depan. Itu aja sih yang saya persiapkan dengan maksimal dan sungguh-sungguh,” ujar peraih medali perak Sea Games 2021 ini. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content