Berita Terkini

Mahasiswa KKN UNS Perkenalkan Budaya Indonesia di Malaysia

By 21 February 2019 No Comments

UNS – Sejumlah mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperkenalkan berbagai warisan budaya dan kesenian asli Tanah Air dalam “Perhelatan Silang Budaya” di Gedung Dewan Resital Universiti Malaysia Sabah (UMS), Rabu (20/02/2019) malam. Salah satu yang mengundang perhatian adalah tari asal Papua, Sajojo.

“Kami sengaja menampilkan Tari Sajojo untuk mengenalkan kesenian Indonesia Timur yang belum banyak orang Malaysia tahu,” ujar Dewi Mustika Rahayu, Divisi Media KKN Sabah UNS 2019 saat dihubungi pada Kamis (21/02/2019).

Selain Tari Sajojo, kata dia, mahasiswa UNS yang berjumlah sebanyak 19 orang ini juga menampilkan musikalisasi puisi, lagu permainan rakyat seperti “Padhang Wulan”,” Yamko Rambe Yamko”, “Cublak-Cublak Suweng” dan teaterikal singkat dolanan khas Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, mereka juga membawakan lagu “Laskar Pelangi” dan Lagu “Sahabat Selamanya” (OST serial animasi Upin Ipin ciptaan grup band PADI).

Mengenai tanggapan dan respon penonton terhadap kesenian Indonesia yang ditampilkan, Dewi mengaku mendapatkan respon yang bagus dari 200 penonton yang hadir. Bahkan penonton ikut berdiri dan bersama ketika Tim KKN Sabah UNS menyanyikan “Sahabat Selamanya” yang populer sebagai soundtrack serial animasi Upin Ipin.

Acara “Perhelatan Silang Budaya” merupakan salah satu program kerja Tim KKN Sabah 2019 yang bekerjasama dengan Fakulti Kemanusiaan, Seni dan Warisan (FKSW) Universitas Malaysia Sabah (UMS). Ini merupakan pertama kalinya mahasiswa KKN UNS Sabah mengadakan program pertukaran budaya setelah 5 tahun KKN UNS di Sabah dilaksanakan.

Dalam acara tersebut, mahasiswa UMS juga berkesempatan untuk menampilkan budaya dan kesenian asli Malaysia. Mereka membawakan sepuluh pertunjukan. Beberapa diantaranya yaitu Tari Exotic Borneo, Lagu “Zapin Rajuk Rindu”, Lagu “Sumandak Sabah”, dan Lagu “Awas Dong Dengar”.

Gelaran ini juga turut disaksikan oleh Konsul Jenderal KJRI Kota Kinabalu Sabah Malaysia Drs. Krishna Djelani, M.A, Dosen Pembimbing Lapangan KKN Sabah UNS 2019 Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si dan Wakil Dekan Bidang Pelajar dan Alumni FKSW UMS, Dr. Mohammad Puad Bebit.

Tidak hanya sebagai ajang memperkenalkan budaya, Dr. Mohammad Puad Bebit mengatakan acara ini juga dapat memperkuat persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia. Presiden Persatuan Mahasiswa FKSW UMS Darmina menambahkan, pihaknya berharap UNS dapat kembali bekerjasama dengan UMS untuk kedepannya. Humas UNS/Mia

Leave a Reply