Berita Terkini

Dies Natalis ke-43, UNS Dorong SDM Lebih Inovatif

By 21 February 2019 No Comments
UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memperingati Dies Natalis UNS ke-43 dengan tema “Pengembangan Sumberdaya Manusia Berbasis Inovasi Menuju Otonomi Perguruan Tinggi”. Tema ini diambil sebagai modal penting bagi UNS dalam memasuki masa transisi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).
Dalam jumpa pers yang digelar di UNS Inn, Rabu (20/2/2019) Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi menyampaikan, tema yang diangkat merupakan pengembangan dari tema-tema tahun sebelumnya. Dalam Dies Natalis ke-43 ini, tema yang diangkat memusatkan pada inovasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) karena UNS mulai memasuki masa transisi menjadi PTNBH. Diharapkan saat memasuki masa transisi menjadi PTNBH ini, SDM yang dimiliki UNS benar-benar sudah siap. Kemudian inovasi juga harus menjadi basis dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yaitu bagaimana melakukan inovasi dalam pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. “Tema ini diambil karena tahun ini dan tahun depan akan menjadi tahun transisi menjadi PTNBH. Saya berharap Dies Natalis tahun ini bisa membuat civitas akademika di UNS berpikir dan berkarya semakin inovatif ,” jelas Ravik.
Sedangkan Ketua Panitia Dies Natalis UNS ke-43, Dr Mohammad Jamin menyampaikan terdapat banyak kegiatan dalam Dies Natalis UNS tahun ini. Yaitu meliputi beberapa kegiatan inti mulai dari seremoni, olahraga, pengabdian masyarakat, seni budaya, dan pameran. Diantaranya mulai dari Peresmian Rumah Tahan Gempa yang digelar di Lombok pada akhir Januari kemarin. Lalu Peresmian Nama Auditorium UNS G.P.H Haryo Mataram, S.H (20 Februari), kemudian Kirab Bela Negara dan Pembukaan Pameran (8 Maret), Kejuaraan Karate Antar PT Seluruh Indonesia (8-10 Maret), Upacara Peringatan Dies Natalis ke-43 (8 Maret), Peresmian Danau UNS (9 Maret), Fashion Show Batik of Academia (9 Maret), Jalan Sehat (9 Maret), Lomba Perahu Karet dan Cano (9 Maret), Pesta Jenang (9 Maret), UNS Mengaji, Pergelaran Wayang Kulit dengan lakon Pandu Jumeneng Nata oleh Ki Manteb Soedarsono (15 Maret), Lari Marathon 11 K (17 Maret), Lomba Nembang Macapat Mahasiswa Tingkat Nasional (26-27 Maret), Lomba Pidato Bahasa Jawa Nasional antar Perguruan Tinggi (26-27 Maret), Pengabdian Masyarakat Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya Hutan untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo (16 Maret), Internasional Workshop Model Rasch (30 Maret), Bulu Tangkis antar Perguruan Tinggi (30-31 Maret), Pergelaran Kethoprak Pejabat dengan lakon Bayangkara Majapahit (22 Maret) dan masih banyak lagi kegiatan yang digelar.
Kemudian untuk puncak kegiatan Dies Natalis akan dilaksanakan pada Senin (11/3/2019) mendatang bertempat di  Auditorium UNS dengan agenda Sidang Senat Terbuka, Orasi Ilmiah dengan judul “Membangun Universitas untuk Melahirkan Ilmuwan Berbasis Inovasi dan Standardisasi” yang akan disampaikan oleh  Ketua Dewan Riset Nasional (DRN), Dr.  Ir.  Bambang Setiadi,  IPU serta peresmian Confusius Institute (Pusat Bahasa Mandarin). Setelah nantinya diresmikan, keberadaan Confusius Institute tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mahasiswa D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya (FIB) saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk seluruh civitas akademika UNS yang ingin belajar Bahasa Mandarin serta kebudayaannya. Bahkan juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin belajar Bahasa Mandarin.
Dalam peringatan Dies Natalis tahun ini, UNS juga akan memberikan penghargaan kepada 11 alumni berprestasi dari masing-masing fakultas yang ada di UNS. Alumni tersebut dipilih melalui seleksi dan dinilai memiliki prestasi di bidangnya dan layak untuk memperoleh penghargaan.  HUMAS UNS

Leave a Reply