Mahasiswa Prodi Ilmu Tanah dan K3 Terpilih jadi Mawapres UNS 2020

UNS – Gelaran Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah usai. Imam Arifin, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (FP) dan Rizka Lailatul Rohmah dari Prodi D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi (SV) UNS ditetapkan sebagai juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UNS 2020 jenjang sarjana dan diploma. Pengumuman tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung channel Youtube UNS pada Jumat (12/6/2020) pukul 10.00 WIB.

Acara pengumuman pemenang Pilmapres UNS 2020 dihadiri oleh finalis Mawapres, perwakilan organisasi mahasiswa, serta tamu undangan di lingkungan UNS. Turut hadir pula Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo.

Imam dan Rizka akan mewakili UNS dalam ajang Pilmapres Tingkat Nasional yang dimulai pada bulan ini. Tahapan yang telah mereka lalui dalam proses seleksi ini yaitu seleksi berkas berupa portofolio dan karya tulis serta tahap presentasi karya tulis bagi 6 finalis terbaik.

Prof. Kuncoro Diharjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilmapres UNS tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
“Pada tahun ini, terdapat beberapa rangkaian kegiatan Pilmapres yang melibatkan mahasiswa semester awal. Kemarin ada Sekolah Mahasiswa Berprestasi, kemudian hari ini saat pengumuman juga mengundang perwakilan mahasiswa setiap fakultas di UNS. Tujuannya untuk menjaring bibit-bibit unggul serta memotivasi mahasiswa supaya terus berprestasi karena prestasi atau portofolio tidak dapat diraih secara instan. Melalui langkah ini semoga mampu melahirkan mahasiswa terbaik yang diproyeksikan dalam Pilmapres tahun berikutnya,” ungkapnya.

Setelah ini, UNS akan memberikan pendampingan bagi pemenang untuk persiapan menuju tingkat nasional yang sudah sangat dekat. Prof. Kuncoro juga mengapresiasi kerja keras seluruh panitia, finalis, serta mahasiswa yang hadir dalam pengumuman Mawapres UNS 2020.

Juara 1 Mahasiswa Berprestasi UNS jenjang sarjana, Imam Arifin mengungkapkan bahwa Ia sangat terharu dan tidak pernah menyangka akan mewakili UNS di tingkat nasional.
“Saya sangat terharu dan bersyukur pada Allah SWT atas semua rezeki yang telah diberikan. Jujur tidak pernah sedikitpun berpikiran bisa meraih peringkat pertama. Selalu saya ingatkan pada diri sendiri untuk berusaha sebaik mungkin di setiap kesempatan yang ada. Jadi untuk masalah hasil, saya anggap sebagai bonus dari setiap perjuangan yang saya lalui,” ungkap Imam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rizka. “Alhamdulillah, rasanya masih tidak percaya terpilih menjadi juara 1, karena juga banyak teman-teman lain yang keren. Terlepas dari apapun hasilnya nanti, semuanya dijadikan sebagai proses belajar dan juga diniatkan ibadah,” ujar Rizka.

Kegiatan Pilmapres Tingkat Nasional akan dilaksanakan secara daring dan luring. Pada tahap awal, setiap perguruan tinggi harus mendaftarkan wakilnya pada laman resmi Pusat Prestasi Nasional https//pilmapres.kemdikbud.go.id. Semoga wakil dari UNS mendapatkan hasil yang maksimal di tingkat nasional serta melalui ajang ini semoga dapat memotivasi mahasiswa agar terus berprestasi. Humas UNS/Bayu/Dwi

Daftar Nama Mawapres UNS 2020 jenjang Sarjana

Juara 1: Imam Arifin dari Prodi Ilmu Tanah
Juara 2: Yochidamai Akhsanitaqwim dari Prodi Biologi
Juara 3: Aiman Hilmi Asaduddin dari Prodi Pendidikan Dokter
Juara Harapan 1: Arina Zaida Ilma dari Prodi Pendidikan Fisika
Juara Harapan 2: Muflih Dwi Fikri dari Prodi Hubungan Internasional
Juara Harapan 3: Arina Mardhiyana Husna dari Prodi Ilmu Administrasi Negara

Daftar Nama Mawapres UNS 2020 jenjang Diploma

Juara 1: Rizka Lailatul Rohmah dari Prodi D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Juara 2: Ruby Agil Hasan dari Prodi D-3 Agribisnis
Juara 3: Gustaf Ardiansyah dari Prodi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil
Juara Harapan 1: Kharisma Dyah Larasati dari Prodi D-3 Kebidanan
Juara Harapan 2: Gigih Putra Amin Pambudi dari Prodi D-3 Teknik Sipil
Juara Harapan 3: Salma Nur Haniyah dari Prodi D-3 Bahasa Inggris

Sumber: Biro Mawa UNS

Skip to content