Mahasiswa UNS Finalis PR Rookie Stars 2017

YOGYAKARTA- Tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil lolos babak final PR Indonesia Rookie Stars Competition  dan berkesempatan mengikuti kegiatan Jambore Public Relations (Jampiro) #3 di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta, 23-25 Agustus lalu.

Tim tersebut bernama Tim Bengawan Consultant yang beranggotakan Sekar Ayu Larasati dan Dela Fahriana Havityaningtyas. Keduanya merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Keduanya mengikuti kompetisi yang menjadi ajang tahunan dari Majalah PR Indonesia untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan mencari bibit- bibit PR terbaik di masa depan dan mempersiapkan generasi praktisi PR sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Sekar Ayu Larasati dan Dela Fahriana (Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS) saat mengikuti JAMPIRO #3

Kompetisi yang mengusung tema “Strengthening Public Relation for Our Nation” ini terdiri dari empat babak yang harus dilalui. Pada babak pertama peserta diminta merancang media pitch untuk majalah parenting, travel, dan bisnis. Menurut laporan dari pihak penyelanggara, terdapat 47 tim yang mengirimkan rancangan media pitch, lalu disaring menjadi 20 tim untuk mengikuti babak kedua. Di babak kedua, peserta diminta merancang konten untuk strategi media sosial, dan dari 20 tim berhasil diambil tujuh tim dengan nilai terbaik dari tujuh universitas, salah satunya tim dari UNS.

Lalu di babak ketiga, tim yang lolos diminta merancang program PR untuk mempromosikan daerah tertentu. Babak ini diyakini paling menantang karena menguji kecermatan, teori dan kreativitas peserta. Terakhir, untuk menguji kemampuan komunikasi secara verbal dan teknik presentasi, tujuh tim yang lolos tersebut berkesempatan mengikuti Jampiro #3 dan memaparkan program PR yng telah dibuatnya. Pada tahap ketiga ini, tim Bengawan UNS memilih Kota Solo sebagai daerah yang dipromosikan, dengan program Smart City.

Jampiro #3 tahun ini dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan dan tokoh PR di Indonesia, diantaranya Gubernur Jawa Barat, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Humas Polri, dan PR-PR lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta di Indonesia. humas-red.uns.

Skip to content