UNS – Untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi internasionalisasi, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT UNS) Surakarta bekerja sama dengan Seoul National University menghadirkan Prof. Sung-Kyun Kim untuk mengisi kuliah umum yang membahas seputar isu lingkungan. Kuliah umum yang bertajuk “Urban River Restoration”  tersebut berlangsung pada pada Senin (28/8/2017).

Prof. Sung-Kyun Kim memaparkan pentingnya penanganan sungai tercemar

Winny Astuti selaku ketua pelaksana acara tersebut memaparkan bahwa kuliah umum ini digelar untuk memperkuat kolaborasi antara UNS dengan Seoul national University. Menurutnya, hal ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan visi internasionalisasi UNS menuju World Class University.

Lebih lanjut, special lecture ini mengupas tuntas tentang isu penanganan sungai yang telah tercemar akibat limbah dan kurangnya. Sung-Kyun Kim memandang perlunya perbaikan kualitas sungai untuk mencegah terjadinya banjir yang semakin tidak terkontrol, pencemaran kualitas air, kerusakan habitat makhluk hidup, dan lain-lain.

“Perbaikan sungai tidak hanya berkisar pada penanaman pohon di sepanjang sungai, namun juga membiarkan sungai untuk kembali pada siklus air yang alamiah. Hal ini dapat dilakukan dengan meminimalisasi pengaruh dari kegiatan manusia yang dapat berakibat pada kondisi sungai yang semakin buruk,” paparnya.

Selain itu, ia juga menggarisbawahi bahwa pengaruh manusia tersebut hendaknya diimbangi dengan terjaganya lingkungan agar tetap alami tanpa tercemari oleh limbah yang dapat menyebabkan masalah lainnya termasuk terjadinya banjir.

“Penanganan sungai yang baik dan benar sangatlah penting bagi lingkungan karena akan berimbas pada perkembangan berkelanjutan di bidang sosial ekonomi yang juga berbanding lurus dengan tata kelola penggunaan air di daerah tersebut,” tutupnya. humas-red/uns/Dty/Ang