Rayakan 30 Tahun, Voca Erudita Persembahkan Cinta dan Dedikasi

UNS – Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) Voca Erudita (VE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar 30th Annual Grand Concert di Gedung Auditorium UNS pada Minggu (6/5/2018). Pada konser tahun ini, VE menggandeng alumni Infinito Voca Erudita dan Move On Orchestra dalam sebuah kolaborasi yang bertajuk “Cinta & Dedikasi”.

“Cinta dan dedikasi merupakan dua hal yang kami terapkan dari awal Voca Erudita berdiri sampai hari ini genap berusia 30 tahun,” kata Aurelius Candra selaku ketua UKM PSM Voca Erudita.

Konser tiga dekade Voca Erudita ini menampilkan keindahan dan harmonisasi komposisi suara Sopran, Alto, Tenor, dan Bass dalam berbagai genre lagu yaitu Historical, Kontemporer, dan Folklore dari dalam dan luar negeri. Sebanyak 21 lagu dinyanyikan yang terbagi dalam 3 sesi penampilan, yaitu Acapella, Acapella Infinito Voca Erudita, dan Orchestra.

Sebanyak 45 penyanyi VE ditampilkan berkolaborasi dengan alumni Infinito Voca Erudita dan Move On Orchestra. Ikatan kekeluargaan yang kuat membuat para alumni VE tetap dapat berkumpul dan kembali bernyanyi bersama.

“Kita ada grup yang dibagi perjeda dari tahun berapa sampe tahun berapa dan masih aktif. Sebagian masih aktif tampil di beberapa event,” jelas Nanul, Alumni VE jurusan Teknik Arsitektur angkatan 1995.

Ikut menyaksikan kemeriahan Konser tahunan VE ini, Darsono selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Alumni UNS sangat mengapresiasi dan bangga dengan VE.

“Satu kata, menakjubkan. Kata itu saya ucapkan tahun yang lalu dan pantas rasanya malam hari ini saya ulang kembali, menakjubkan,” komentar Darsono.

“Kenapa begitu? Karena itu semua tergambar oleh warna dominan malam hari ini yaitu putih, merah, dan hitam yang dengan itu menjadikan eksistensi VE tidak lekat oleh zaman, tidak lapuk untuk mempertahankan prestasi di kancah nasional dan dunia hingga saat ini, putih untuk kesucian berdedikasi, merah untuk berani berinovasi, dan dibalut oleh warna hitam yang menggambarkan warna kesetiaan, warna bumi yang tetap setia menumbuhkan walau terus diinjak, begitulah ringkasan VE malam hari ini,” tambah Darsono.

Sesi penyerahan lukisan Josef Rahardjo (Pencipta Hymne UNS) karyaSunu Prasetya dari Alumni kepada Voca Erudita

Dalam 30 tahun perjalanannya, PSM VE UNS telah menyumbang berbagai prestasi di kancah Nasional maupun Internasional, diantaranya:

  1. Juara ketiga untuk kategori Habanera Modality dan Polyphony Modality, Interprestasi terbaik dari pembawaan lagu “Tu” dan mendapatkan Francisco Valejoz Prize dalam The 63rd International Contest of Habaneras and Polyphony of Torrevieja, Spanyol 2017
  2. Best interpretation of Mixed Choir (PSD) Compulsory Song “Cinta Di Ujung Duka Pertwi, The second winner of Mixed Choir Category, Champion of Popular Music Category, dan Grand Champion of 6th SDGNCF 2017 dalam Satya Dharma Gita National Festival UNDIP 2017. Humas.red-uns/Imr/Isn
By | 2018-05-09T16:28:33+00:00 09 May 2018|Categories: Berita Terkini|