Peringati Dies Natalis ke-47, UNS Berikan Penghargaan Kepada Menpora RI

Peringati Dies Natalis ke-47, UNS Berikan Penghargaan Kepada Menpora RI

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memperingati Dies Natalis ke-47 pada 11 Maret 2023 mendatang. Dalam Dies Natalis ke-47 ini, UNS akan memberikan penghargaan UNS Award kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Prof. Zainudin Amali.

Dalam Konferensi Pers dihadapan media di Ruang Sidang IV Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (7/2/2023), Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. menyampaikan tema yang diangkat dalam Dies Natalis ke-47 yaitu `Akselerasi Sumber Daya Kreatif dan Inovatif dalam Menghadapi Krisis Global Melalui Kebersamaan Menuju Indonesia Emas`.

“Untuk kegiatan seremonial, meliputi upacara peringatan Dies Natalis ke-47 UNS akan berlangsung pada 10 Maret yang dilanjutkan dengan penanaman pohon guru besar dan ziarah ke makam mantan Rektor UNS. Puncak kegiatan Dies Natalis ke-47 digelar pada tanggal 11 Maret 2023 dengan agenda Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-47 dan Penganugerahan UNS Award kepada Menpora RI,” terang Prof. Jamal.

UNS Award yang akan diberikan kepada Menpora RI yaitu ‘Parasamya Anugraha Dharma Bhakti Upa Sarwasadha’, yakni penghargaan tertinggi atas kepeloporannya dalam pengembangan kemasyarakatan dan kemanusiaan bidang keolahragaan nasional Indonesia. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam bidang olahraga, terutama olahraga disabilitas di bawah kepemimpinan Prof. Zainudin Amali.

“Beliau juga kerap menjadi dosen penguji eksternal bagi mahasiswa FKOR UNS. Tidak hanya itu, Kemenpora juga kerap menggandeng UNS dalam berbagai kegiatan, termasuk penggunaan tempat di UNS dalam ajang Asean Para Games,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-47 UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. menambahkan, beragam kegiatan digelar untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-47. Mulai dari kegiatan di bidang ilmiah, seni budaya, pameran, kompetisi non akademik, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan bidang olahraga.

Kegiatan-kegiatan ilmiah yang akan diadakan antara lain seminar internasional `Global Economy in 2023: Strive amid the Uncertainty` yang bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan dilaksanakan pada 23 Februari mendatang. Kemudian Kuliah Umum Demi Indonesia Kita yang bekerja sama dengan Detik.com akan digelar pada 27-28 Februari. Lalu pada 15 Maret digelar seminar nasional, launching buku dan lomba ilmiah tingkat nasional. Tanggal 16 Maret juga akan digelar workshop `Stretching sebagai Tindakan Pencegah dari Dampak Negatif Aktivitas Daring dan Cedera` serta lomba video kreatif stretching. Lalu Panitia Dies Natalis  juga akan menggelar Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2023 pada 16-19 Maret.

“Untuk bidang seni budaya digelar pagelaran wayang kulit pada 18 Maret. Lalu untuk bidang pameran akan digelar pameran produk inovasi UNS 2023 yang digelar pada 13-14 Maret,” ujar Dr.  Sapta Kunta.

Sementara, pada bidang olahraga agenda antara lain Art and Sport Appreciation (Artefac) berupa kompetisi futsal pada 25 Februari – 4 Maret, basket pada 25 Februari – 4 Maret, dan monolog competition pada 13-16 Maret; senam massal dan jalan sehat sivitas akademika UNS dengan start dari Stadion UNS pada 2 Maret; turnamen tenis meja antar Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS pada 3 Maret; dan Kejuaraan Karate Antar Mahasiswa se-Asia Tenggara Sebelas Maret Cup XII pada 17-19 Maret. Kemudian bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS mengadakan IKA UNS Color Run pada 4 Maret mendatang dengan start dan finish di Kampus UNS Kentingan.

Lalu, kegiatan di bidang pengabdian masyarakat antara lain pemeriksaan Kesehatan untuk purna karya UNS (2 Maret) dengan target peserta 150 orang, simulasi alat Mini SPAM di Wilayah Kabupaten Karanganyar (3-4 Maret) dan pemeriksaan kesehatan masyarakat kelompok tani di sekitar Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo, Karanganyar (3-4 Maret).  “Untuk pemeriksaan Kesehatan di KHDTK Gunung Bromo ini meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, paru, dan mata dengan target 200 peserta,” imbuh Dr.  Sapta Kunta.

Selain itu, pada bidang non akademik, kegiatan yang akan digelar yaitu peresmian Gedung SAR UNS oleh Rektor UNS dan Orasi Penanggulangan Bencana oleh Wakasad (3 Maret), Festival Alas Bromo dan Forest Acoustic UNSfac (4-5 Maret), UNS Jazz Nite (11 Maret), lomba stand up comedy antarfakultas dan unit (16 Maret), Seminar Nasional UNS Inclusion Metric University Ranking, dan Lomba UNS Inclusion Metric antarfakultas. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content