Prof Ravik: Perbaiki Kompetensi Guru dengan Kemitraan

UNS – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Ravik Karsidi menjadi pembicara dalam Talkshow acara peluncuran Program PINTAR Tanoto Foundation pada Jumat (28/9/2018) lalu di Gedung Kemendikbud.

Dalam kesempatan tersebut Ravik mengatakan bahwa kemitraan antara Tanoto Foundation dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan daerah merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin khususnya dalam hal perbaikan kompetensi substansial dan metodologis.

“Isu yang menarik dalam kerjasama ini adalah terkait dengan kompetensi guru dalam hal substansial dan methodologis. Dua hal tersebut harus digarap secara kolaboratif antara LPTK dan Tanoto Foundation untuk meningkatkan daya saing bagi seorang guru,” terang Ravik.

Dalam peluncuran Program PINTAR ini, turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D didampingi anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation Belinda Tanoto. PINTAR merupakan sebuah program peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. PINTAR, atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran, berfokus pada tiga pendekatan, yaitu membangun praktik-praktik baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah, mendukung pemerintah menyebarluaskan praktik-praktik baik dan mendukung LPTK dalam pendidikan calon guru.

“Dalam banyak assesmen nasional dan internasional, kita wajib prihatin dengan kondisi pendidikan di Indonesia. Saatnya kita tidak cuma melakukan seminar, FGD dan sebagainya, tapi benar benar melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Kami berterima kasih pada Tanoto Foundation yang telah ikut melakukan sesuatu dan berpartisipasi mengatasi salah satu masalah utama pendidikan di negeri ini yaitu masalah pembelajaran,” ujar Hamid Muhammad.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto mengatakan PINTAR dirancang untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kualitas guru, serta partisipasi orangtua dan masyarakat.

“Kami di Tanoto Foundation percaya bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Keyakinan kami turut diperkuat dengan hasil penelitian Mc Kinsey tahun 2017 bahwa program peningkatan kualitas guru dan kepemimpinan sekolah berdampak besar bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia,” kata Belinda Tanoto. Humas UNS

By | 2018-10-04T18:36:13+00:00 04 October 2018|Categories: Berita Terkini|