Berita Terkini

Rektor UNS Ingatkan Lulusan Dokter Miliki Kualitas Bintang 5

By 1 October 2020 No Comments

UNS – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho mengingatkan kepada para lulusan dokter untuk memiliki kualitas bintang lima. Hal tersebut disampaikan Prof. Jamal saat memberikan sambutan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter periode 213 Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Kamis (1/10/2020) secara luring dan daring.

“Menurut World Health Organization (WHO), seorang dokter yang baik harus memiliki kualitas bintang 5. Yaitu memiliki pelayanan yang baik, tegas dan berani mengambil keputusan, komunikator yang handal, mampu memimpin komunitas dan seorang manajer yang baik,” terang Prof. Jamal.

Oleh karena itu, lanjut Prof. Jamal, standar kualitas dokter lulusan FK UNS setidaknya mengacu kepada kriteria WHO tersebut. “Saya dan sivitas akademika UNS tidak ikhlas jika dalam perjalanan karir dan profesi kedokteran, standar tersebut dikristalisasi menjadi hanya menyembuhkan sangat kadang-kadang, hanya membantu melepaskan keluhan sekali-kali dan membantu memberi kenyamanan pasien secukupnya”.
Ini tantangan besar bagi dunia kesehatan kita, termasuk tantangan FK UNS dalam memproduksi dokter-dokter barunya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FK UNS, Prof. Reviono mengatakan, meski pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter ada yang digelar luring dan daring, hal ini tidak mengurangi kekhidmatan dari acara tersebut. “Ini bukan anak tangga terakhir, kedepan masih banyak anak tangga yang bisa dilalui. Mau memiliki anak tangga yang mana itu yang memutuskan adalah kalian semua. Banyak karier yang bisa dipilih, bisa dengan studi lanjut, berkarier di TNI/ Polri, jadi politikus, akademiki, pengusaha dan masih banyak lagi,” ujar Prof. Reviono.

Dengan dilantik dan diambil sumpah ini, lulusan dokter FK UNS ini resmi menjadi alumni. Prof. Reviono berpesan untuk membawa nama baik FK UNS. “Karena alumni ini merupakan cerminan pendidikan yang dibentuk selama belajar,” imbuh Prof. Reviono.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FK UNS, Paramasari Dirgahayu, Ph.D dalam laporan akademiknya menyampaikan pada Pelantikan dan Sumpah Dokter Periode 213 FK UNS ini dikuti oleh sebanyak 123 orang dokter baru.

“IPK rata-rata pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini adalah 3.55 dengan lama studi rata-rata 2 tahun 3 bulan. Dan IPK tertinggi pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini diraih oleh Muhammad Hafizhan dengan IPK 3.73,” ujar Paramasari, Ph.D.

Dengan dilantiknya dokter periode ke-213 ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 FK UNS telah meluluskan 6.403 orang dokter. “Para alumni tersebut sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/Polri maupun lainnya,” tambah Paramasari Ph.D.

Sementara itu, salah satu dokter yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu dr. Aldita Ratna Firdha Yanti. Dr. Aldita yang mengikuti acara pelantikan dan sumpah dokter secara luring mengaku senang bisa memperoleh gelar dokter. “Saat Coass memang butuh perjuangan karena melewati masa pandemi Covid-19 dan kita tidak libur. Sehingga saya dan teman-teman yang lain harus menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan APD, cuci tangan dan tentunya menjaga imunitas tubuh,” ujar dr. Aldita.

Usai dilantik dan diambil sumpahnya, dr. Aldita ingin menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan mengikuti program magang internship “Pasca ini saya mau magang dulu,” ujarnya. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Leave a Reply