Semangat Generasi Quran, UKM Ilmu Quran Gelar MTQ UNS 2015

Dahulu Agama Islam berjaya dengan Alquran maka kalau sekarang ingin berjaya, cintakanlah generasi Quran. Begitu kiranya alasan yang diambil Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmu Quran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini. Dengan mengambil tema “Generasi Quran, Generasi Kejayaan Islam”, UKM Ilmu Quran menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UNS 2015 pada tanggal 29, 30 April, dan 1 Mei 2015.

Buka Kompetisi MTQ UNS 2015, Ravik berharap MTQ mampu melahirkan bukan hanya mahasiswa yang tinggi IQ-nya melainkan juga bagus kecerdasan spiritualnya.
Buka Kompetisi MTQ UNS 2015, Ravik berharap MTQ mampu melahirkan bukan hanya mahasiswa yang tinggi IQ-nya melainkan juga bagus kecerdasan spiritualnya.

Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS, kompetisi untuk mahasiswa UNS ini digelar juga dalam rangka menyambut MTQ Mahasiswa Nasional 2015 pada 1-8 Agustus mendatang di Universitas Indonesia, Depok. “Nantinya, setiap juara dari masing-masing kategori akan mewakili UNS pada MTQ Mahasiswa Nasional 2015,” terang Nahrowi, panitia MTQ 2015.
Kategori kompetisi yang dipertandingkan pada MTQ Mahasiswa 2015 ini adalah Tartil Quran, Tilawatil Quran, Fahmil Quran, Hifhzil (menghafal) Quran 1 juz, 5 juz, dan 10 juz, Khathil (kaligrafi) Quran, Karya Tulis Kandungan Ilmiah Quran, dan Desain Aplikasi Komputer Quran. Desain Aplikasi Komputer Quran merupakan kompetisi perancangan perangkat lunak tentang karya aplikasi Al-Qur’an, Hadist maupun karya Islam lainnya. “Kategori desain Quran bisa dikatakan baru. Sebenarnya, program aplikasi untuk Quran membutuhkan proses yang lama,” tambah Nahrowi.
Kompetisi yang diselenggarakan untuk tahun kedua ini diikuti 125 peserta. Setiap pemenang dari masing-masing kategori akan mengikuti pendampingan sebelum berkompetisi pada MTQ Mahasiswa Nasional 2015. Pada saat membuka kompetisi MTQ UNS 2015, Rabu (29/4/2015), dalam sambutannya, Rektor UNS, Ravik Karsidi berharap pembinaan yang berlangsung terus menerus nantinya mampu melahirkan bukan hanya mahasiswa yang tinggi IQ-nya melainkan juga bagus kecerdasan spiritualnya. [] (nana.red.uns.ac.id)

Skip to content