Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

UNS — Prestasi membanggakan kembali hadir dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada 29-30 Mei lalu, Bengawan UV Team berhasil meraih Juara 2 kategori Boat Race Competition pada Competition of Maritime Education and Training (COMET 2.0). Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

General Manager Bengawan UV, Tri Rahmaji pada Kamis (10/6/2021) menjelaskan bahwa lomba tersebut mengusung tema inovasi teknologi perkapalan khususnya kapal nelayan.

“Tema yang diangkat pada perlombaan kemarin yakni kapal nelayan yang berkonsep sustainable fishing. Ada dua kategori, yaitu lomba desain dan boat race competition. Kami hanya ikut kategori boat race competition. Lalu, pada kategori ini juga masih ada sub event lagi yaitu race dan endurance. Jadi, prototype kami diuji ketahannya serta kecepatan untuk balapan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kapal yang didesain oleh Bengawan UV Team UNS sengaja dirancang untuk memiliki kemampuan yang seimbang antara kategori race maupun endurance.

Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

“Juara akhir dinilai dari akumulasi hasil race dan endurance. Pada kategori race, kami menempati posisi ke-3, kemudian pada endurance mendapatkan peringkat 5. Sehingga ketika diakumulasi, Bengawan UV meraih juara 2 pada kompetisi ini,” imbuh mahasiswa Teknik Mesin UNS.

Dr. Eng. Aditya Rio Prabowo selaku pembimbing mengungkapkan bahwa waktu persiapan yang dilakukan oleh Bengawan UV tidak panjang.

“Persiapannya tidak panjang karena waktu itu bersamaan juga dengan kompetisi yang diikuti di Amerika. Jadi, kita bagi sumber daya manusianya untuk dua perlombaan ini. Kompetisi ini juga bisa dibilang sebagai bentuk evaluasi awal untuk perlombaan yang lebih besar lagi seperti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCBN),” ungkapnya.

Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS menjelaskan bahwa dalam perlombaan tersebut terdapat beberapa tahap yang harus dilalui. Tahap pertama yaitu scientific report berupa proposal. Sambil menunggu pengumuman tahap pertama, Tim Bengawan UV mulai mendesain dan merencanakan lambung kapal.

“Setelah mendapat pengumuman bahwa masuk ke tahap akhir, kita lakukan finishing seperti peletakan permesinan, bangunan atas, lalu baru kita melakukan cek seperti mencari titik berat kapal untuk memastikan  kapalnya seimbang, lalu ada tes lab dan sebagainya,” jelasnya.

Terdapat beberapa kendala baik dalam persiapan maupun pelaksanaan lomba, hal tersebut dituturkan oleh Tri Rahmaji selaku GM Bengawan UV.

Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

“Saat persiapan, kami sempat mengalami patah propeler sebagai komponen propulsi yang paling vital karena tempat latihan yang kurang memadai. Lalu untuk kendala waktu pelaksanaan lomba, sempat ada masalah dengan sistem pengendali yang kita gunakan. Kemarin kapal kita sempat hilang kontrol juga akibat banyaknya frekuensi sinyal  yang berada di arena perlombaan. Namun, Alhamdulillah masalah tersebut bisa teratasi dengan baik berkat ketenangan dan pengalaman dari tim,” tuturnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, Tri Rahmaji mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kompetisi tersebut

“Terima kasih untuk keluarga Bengawan UV, dosen pembimbing kami Bapak Aditya Rio Prabowo, Himpunan KMTM FT UNS dan Tim Bengawan lainnya atas dukungannya. Serta tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Minalwa UNS dan keluarga besar UNS yang telah memfasilitasi perjalanan kami. Semoga hal ini menjadi pemacu semangat untuk berprestasi membanggakan nama UNS di kancah nasional bahkan internasional,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content