Berita Terkini

Tim PPKG UNS Adakan Pemeriksaan Kesehatan di Panti Wredha Aisyiyah

By 22 October 2020 No Comments

UNS– Pusat Studi Kependudukan dan Gender (PPKG) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan. Kegiatan tersebut ditujukan kepada para Lanjut Usia (Lansia) yang tinggal di Panti Wredha Aisyiyah Surakarta atau juga disebut Nursing Home Aisyiyah pada Rabu (30/9/2020).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Dr. Sumardiyono (Fakultas Kedokteran, Sekolah Vokasi) dengan 8 anggota yaitu dr. Istar Yuliadi, M.Si dan Mujahidatul Musfiroh, M.Si.Med (Fakultas Kedokteran), Dr. Ir. Retno Setyowati (Fakultas Pertanian), Dr. Guntur Riyanto, dan Tri Mulyaningsih, Ph.D (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Sri Kusumo Habsari, Ph.D (Fakultas Ilmu Budaya), Dr. Trisni Utami dan Dr. Desiderius Priyo Sudibyo (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), serta Rizki Andriyani, S.P. sebagai pembantu pengabdian.

Dr. Sumardiyono mengungkapkan bahwa Panti Wredha Aisyiyah dihuni oleh sekitar 30 Lansia yang dititipkan oleh keluarga masing-masing.
“Lansia ini didampingi oleh beberapa perawat yang dikelompokkan pengelolaannya berdasarkan kondisi fisik dan mentalnya. Ada kelompok Lansia yang masih sehat serta bisa beraktifitas sendiri, kelompok Lansia yang sudah memakai alat bantu berjalan (walker), kelompok Lansia yang sudah harus memakai kursi roda, dan kelompok Lansia yang sudah lemah kondisi fisik dan mental (susah diajak komunikasi),” terangnya.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi guna memberikan motivasi kepada Lansia dalam mempertahankan kualitas hidupnya agar tetap semangat dalam meniti kehidupan.
“Agenda kegiatan yang pertama adalah pemeriksaan kesehatan Lansia yaitu pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, asam urat, dan tekanan darah yang dilakukan oleh Mujahidatul Musfiroh, M.Si.Med yang dibantu perawat panti. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara penyuluhan dan edukasi kesehatan dengan judul Menuju Lansia Bahagia,” kata Dr. Sumardiyono.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 Lansia serta perawat Panti Wredha Aisyiyah Surakarta. Para Lansia yang mengikuti acara ini pun sangat antusias, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Sebelum acara berakhir, Dr. Sumardiyono memberikan pesan singkat bagi para Lansia yang mengikuti kegiatan ini.

“Sehat saja belum cukup, tetapi harus dilengkapi dengan keselamatan, misalnya hati-hati jangan sampai terpeleset agar tidak mengalami kecelakaan yang menyebabkan cidera,” tutupnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply