UNS — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam hal ini Unit Kemahasiswaan FKIP UNS menyelenggarakan kegiatan lokakarya dengan tema “Strategi Merancang dan Mengembangkan Wirausaha Mahasiswa di Era Digital” pada Senin (27/6/2022). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU).

Acara ini menghadirkan dua narasumber yakni Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B. selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) UNS dan Antonius Irawan Eko S, S.E. selaku CEO Cipta Solutindo Tech.

Lokakarya ini dihadiri oleh Dekan FKIP UNS, jajaran pimpinan FKIP UNS, ketua unit kemahasiswaan FKIP UNS, Kepala Program Studi (Kaprodi) di lingkungan FKIP UNS, delegasi mahasiswa dari tiap program studi (prodi) di FKIP UNS, mahasiswa FKIP UNS, serta mahasiswa UNS, juga masyarakat umum.

Ketua Panitia kegiatan lokakarya kewirausahaan, Abdul Haris Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerja sama sinergi dari Unit Kemahasiswaan FKIP UNS dan dukungan dari pimpinan FKIP UNS. Ia juga menerangkan bahwa hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa UNS berpeluang mendapatkan stimulan dana sebesar Rp 5 juta – Rp 7 juta dari universitas bagi usaha yang terpilih.

“Di samping kami mendatangkan narasumber dari pakar kewirausahaan dan bisnis, yaitu Ibu Susantiningrum dan Bapak Irawan, setelah ini bagi para mahasiswa UNS yang berhasil lolos dalam pengusulan ide kewirausahaan akan mendapat stimulan dana sebesar Rp 5 juta – Rp 7 juta dari universitas”, jelas Abdul.

Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan lokakarya kewirausahaan ini.

“Kegiatan ini menginisiasi mahasiswa untuk bisa mempersiapkan dan memulai usaha sejak dini, sehingga nanti setelah lulus bisa benar-benar siap memulai dan membesarkan usaha yang lebih besar lagi. Selain itu, kegiatan ini juga membantu dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama universitas, serta dapat mewujudkan dan mencetak mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship dengan keterampilan yang unggul,” tutur Dr. Mardiyana.

Narasumber pertama yakni Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B. memaparkan bahwa banyak sekali kesempatan terbuka untuk memulai bisnis. Peluang-peluang yang ada, menurutnya, hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurut Susanti, mahasiswa harus pandai dan jeli dalam menangkap peluang yang ada.

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

Adapun, narasumber kedua yakni Irawan Eko S, S.E. menyampaikan pentingnya teknologi di era digital dalam membangun bisnis. Dalam pemaparannya, ia menyarankan agar mahasiswa tidak hanya memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk hiburan semata, namun juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Menurutnya, media sosial yang digunakan secara tepat dapat membantu pertumbuhan bisnis dengan pesat. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...